1-10-1908: Ford Produksi Mobil Secara Massal

Produksi massal di pabrik mobil Ford 1913
Sumber :
  • Wikimedia Commons / US Documentation

VIVAnews - Pada 104 tahun yang lalu, produsen otomotif Amerika Serikat (AS), Ford meluncurkan mobil produksi massal pertama yang dikenal sebagai Model T ke pasaran. Model T mengakhiri lima tahun riset Henry Ford dan para teknisinya untuk menciptakan kendaraan dengan harga terjangkau dan dapat diproduksi secara massal.

Menurut laman stasiun televisi The History Channel, nama Model T diambil karena rancangan yang digunakan untuk dipasarkan adalah desain ke-20. T merupakan huruf ke-20 dalam alfabet.

Model T, juga dikenal sebagai Tin Lizzy, adalah bukti kesuksesan Ford mengembangkan perusahaan menjadi produsen kendaraan massal. Ford mampu memproduksi sebuah Model T setiap 24 detik.

Hingga produksinya dihentikan pada 1927, lebih dari 16 juta Model T berhasil dijual. Bentuknya yang sederhana membuat para pembeli Model T memodifikasi mobil ini sesuai kebutuhan masing-masing.

Harian The New York Times mencatat iklan-iklan dalam majalah yang menawarkan aksesoris yang dapat dipakai untuk mengubah sebuah Model T menjadi traktor peternakan, kendaraan semi-truk, atau kendaraan salju. Majalah-majalah juga memberi tips mengubah Model T. (ren)

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya
Bali United vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bali United dan Dewa United berhasil meraih poin sempurna dalam lanjutan Liga 1 pada Sabtu malam ini, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024