TUTUP
TUTUP
DUNIA

Tingkatkan Kerja Sama, China Buka Perwakilan di ASEAN

Dibukanya perwakilan menunjukkan komitmen China menjadi mitra ASEAN.
Tingkatkan Kerja Sama, China Buka Perwakilan di ASEAN
Para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN ke-19 di Bali (REUTERS/Romeo Ranoco)

VIVAnews - Pemerintah China hari ini, Senin 1 Oktober 2012, membuka perwakilan mereka di ASEAN. Pembukaan perwakilan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan China.

"Peluncuran misi China ini mendemonstrasikan komitmen China untuk menjadi negara tetangga, sahabat dan mitra yang baik dalam menghadapi tantangan bersama, dengan cara yang saling menguntungkan dalam meningkatkan kemitraan strategis," kata Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan dalam pernyataannya yang dibacakan Bagas Hapsoro, wakil sekjen ASEAN untuk urusan kerjasama dan komunitas.

China adalah salah satu mitra dagang utama ASEAN di kawasan. Semenjak zona perdagangan bebas ASEAN-China diterapkan pada 2010, total perdagangan kedua entitas ekonomi mencapai rekor tertinggi pada 2011 yaitu US$363 miliar. Dalam delapan bulan pertama 2012, jumlahnya meningkat pesat.

Namun selain kerja sama dagang, China dan beberapa negara ASEAN terlibat sengketa di Laut China Selatan. Akibat sengketa ini, konflik sering terjadi antara China dan ASEAN. Kendati demikian, kedua negara berkomitmen untuk saling menjaga keamanan di lautan, dibuktikan dengan penandatangan pedoman perilaku di Laut China Selatan 10 tahun lalu.

Duta Besar China untuk ASEAN Yang Xiuping dalam peresmian perwakilan China di sekretariat ASEAN Jakarta, menegaskan bahwa kerja sama kedua pihak akan menguntungkan bagi ekonomi dan keamanan kawasan.

"Kerja sama yang komprehensif antara China dan ASEAN tidak hanya memberikan dorongan bagi perkembangan sosial dan ekonomi, namun juga menyumbang bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan dan dunia secara keseluruhan," kata Dubes Yang.

Dia menambahkan, misi China di ASEAN akan menjadi jembatan komunikasi, kerja sama, persahabatan serta kemitraan strategis ASEAN-China.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP