Gedung Putih Jadi Sasaran Serangan Hacker

Gedung Putih di Washington
Sumber :
  • Reuters/Jason Reed

VIVAnews - Jaringan komputer di Gedung Putih, Amerika Serikat, menjadi sasaran serangan hacker. Ada dugaan, serangan dilakukan oleh para hacker asal China yang memang tengah gencar mengincar fasilitas-fasilitas pertahanan AS.

Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat Gedung Putih, dilansir BBC yang mengutip media Washington, Free Beacon, Senin 1 Oktober 2012. Pejabat yang tidak disebutkan namanya ini mengatakan, serangan hacker berhasil menembus jaringan Gedung Putih, tidak disebutkan jaringan apa.

Dia menjelaskan bahwa tidak ada data-data yang hilang akibat serangan tersebut. Free Beacon menuliskan, bahwa serangan itu berasal dari hacker asal China. Gedung Putih menolak berkomentar soal dugaan serangan China.

Menurut sumber Gedung Putih, hacker mengirimkan serangan "spear-phishing". Serangan ini bekerja dengan mengirimkan email palsu yang terlihat seperti koresponden resmi dengan sebuah tautan. Jika tautannya dibuka, maka akan masuk ke situs yang merusak atau melepaskan virus.

"Serangan macam ini sering terjadi dan kami telah melakukan tindak pencegahan," kata sumber.

Serangan siber oleh hacker China meningkat dalam beberapa bulan belakangan, terutama terhadap fasilitas militer AS di pentagon. "Tingkat upaya mereka terhadap Departemen Pertahanan AS sangat intens," kata Laksamana Samuel Cox kepada Reuters pekan lalu.

Selain mengirimkan email palsu, hacker China tahun lalu juga menyerang Google dengan membobol akun Gmail ratusan orang, termasuk di antaranya adalah pejabat pemerintah AS dan personel militer. Kala itu, untuk pertama kalinya pejabat intelijen AS menuduh China telah mencuri data-data rahasia mereka. (sj)

Majelis Umum PBB Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh, 9 Negara Menolak Termasuk AS
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Delegasi World Water Forum Mulai Tiba di Bali 15 Mei, Imigrasi Siapkan Jalur Khusus

Imigrasi RI siap  menyambut para delegasi World Water Forum ke-10 dan menyiapkan konter khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk kemudahan layanan keimigrasian.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024