4-10-1957: Uni Soviet Luncurkan Satelit Pertama Dunia

Replika satelit Sputnik
Sumber :
  • Wikimedia Commons

VIVAnews - Tepat 55 tahun yang lalu, Uni Soviet berhasil meluncurkan Sputnik ke luar angkasa. Ini merupakan satelit buatan pertama di dunia yang berhasil diorbitkan.

Menurut The History Channel, satelit itu diluncurkan dariĀ  Tyuratam di Republik Kazakhstan. Sputnik memiliki diameter 22 inci dan beratnya 184 pon dan mengelilingi Bumi setiap satu jam dan 36 menit.

Namun, misi Sputnik hanya bertahan sekitar empat bulan. Pada Januari 1958, orbit Sputnik memburuk sebelum akhirnya terbakar di atmosfer.

Keberhasilan Soviet meluncurkan Sputnik itu mempelopori perlombaan riset misi ke luar angkasa sekaligus membuka babak baru perseteruan negara komunis itu dengan Amerika Serikat (AS) semasa Perang Dingin.

AS mau tak mau harus mengakui keberhasilan seterunya sebagai yang pertama meluncurkan benda ke luar angkasa. Negeri Paman Sam baru meluncurkan satelit bernama Explorer pada 31 Januari 1958.

Namun, saat itu, Soviet telah mencapai kemenangan "ideologis lain" ketika mampu meluncurkan mahluk hidup, yaitu seekor anjing, dengan pesawat Sputnik 2, sebelum akhirnya berhasil mengirim seorang kosmonot ke luar Bumi.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024
Logo Mahkamah Agung.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Perusahaan pengolahan hasil laut dengan orientasi ekspor, PT Bumi Menara Internusa (BMI) mengajukan PK atas gugatan sengketa lahan pabrik di Malang ke Mahkamah Agung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024