Bakar Hutan-hutan Eropa, Strategi Baru Teror Al-Qaeda?

Kebakaran hutan
Sumber :
  • jabarprov.go.id

VIVAnews - Kebakaran hutan hebat tiba-tiba terjadi di beberapa negara di Eropa, mengakibatkan kerugian besar dan memakan korban jiwa. Pemerintah Rusia mengatakan ada keterlibatan jaringan teroris Al-Qaeda dalam bencana ini.

Media Asing Prediksi Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Guinea

Diberitakan kantor berita Rusia RIA Novosti, Rabu 3 Oktober 2012, Kepala Badan Keamanan Federal Rusia Alexander Bortnikov mengatakan bahwa pembakaran hutan kini menjadi salah satu metode serangan kelompok teroris ini. Selain mudah, menyerang dengan cara ini juga sangat murah.

"Perlu dicatat bahwa membakar hutan di negara-negara Uni Eropa adalah strategi baru Al-Qaeda yang dikenal dengan nama 'pembunuhan seribu'," kata Bortnikov.

"Strategi ini memungkinkan Al-Qaeda untuk menciptakan kerusakan ekonomi dan moral yang besar tanpa perlu persiapan teknis sebelumnya ataupun biaya yang besar," dia melanjutkan.

Tuduhan ini tidak sembarangan. Bortnikov menjelaskan bahwa beberapa situs ekstremis kini menyerukan dilancarkannya "jihad hutan". Dalam situs-situs itu, kata dia, juga diajarkan cara terbaik dan termudah dalam melakukan pembakaran.

"Sulit bagi kami untuk mencari dan mengadili pelakunya," ujarnya.

Kebakaran hutan telah menjadi insiden tahunan di Eropa dalam beberapa bulan terakhir. Negara yang sering terkena bencana ini adalah Spanyol, Italia, Portugal, Montenegro, Yunani, dan Serbia.

Menurut Sistem Informasi Kebakaran Hutan Eropa Agustus lalu, tahun ini kebakaran hutan terjadi lebih dini dibanding tahun sebelumnya. Dilaporkan lahan seluas 100.000 hektar telah hangus terbakar pada akhir Maret lalu.

Indonesia U-23 jalani latihan di Paris.

Kendala yang Dihadapi Indonesia U-23 Jelang Lawan Guinea U-23

Indonesia U-23 telah tiba di Paris, Prancis guna menjalani laga play-off Olimpiade 2024 melawan Guinea U-23. Setiba di sana, skuad asuhan Shin Tae-yong memiliki kendala.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024