F-16 Turki Paksa Pesawat Sipil Suriah Mendarat

Pesawat Suriah diturukan paksa oleh Turki
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Jet tempur F-16 Turki memaksa pesawat penumpang milik Suriah mendarat di bandara Ankara, Rabu 10 Oktober 2012. Pesawat Airbus A320 itu diduga membawa persenjataan.

Pesawat sipil itu terbang dari Bandara Vnukovo, Rusia, menuju Suriah. Pesawat itu mengangkut 30 penumpang. "Ada informasi bahwa kargo pesawat itu membawa barang yang tidak diperbolehkan dalam penerbangan sipil," kata Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu.

"Tindakan ini dilakukan berdasarkan undang-undang dan peraturan internasional," lanjut Davutoglu.

Laman BBC, Rabu 10 Oktober 2012, menulis bahwa dalam pesawat itu telah ditemukan peralatan komunikasi militer. Setelah barang yang dicurigai dikeluarkan, pesawat diperbolehkan terbang kembali.

Hubungan Turki dengan Suriah memang sedang memanas. Baru-baru ini, Suriah membombardir wilayah Turki dengan serangan mortir. Lima penduduk sipil tewas.

Turki membalas serangan itu dengan serangan altileri. Parlemen Turki memberikan izin kepada pemerintahnya untuk melakukan serangan tambahan jika diperlukan.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024