Ayah Ampuni Pembunuh Anaknya Asal Bisa Hapal Al-Quran

Ilustrasi Al Quran
Sumber :
  • mymunif.com

VIVAnews - Seorang ayah di Arab Saudi memutuskan untuk memaafkan lelaki yang telah membunuh putranya. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi pria ini agar lolos dari pedang pancung, yaitu harus menghafal seluruh isi Al-Quran.

Diberitakan Al-Arabiya, mengutip koran lokal al-Yawm, Minggu 14 Desember 2012, Rabi'a al-Dousary, ayah dari Abdullah memutuskan syarat ini setelah melalui konsultasi dengan Lajnah Ishlah (Komisi Jasa Baik untuk Perdamaian dan Pemberian Maaf).

Abdullah tewas dalam perkelahian dengan pelaku, Faisal al-Ameri, di pemukimannya di Provinsi Timur Kerajaan Arab Saudi. Dousary menolak menerima diyat sebagai pengganti nyawa anaknya. Jika tidak ada pengampunan dari Dousary, maka bisa dipastikan kepala Ameri akan melayang.

Namun, Dousary memberikan syarat lain untuk menggantikan hukuman pancung. Dia meminta Ameri untuk menghafalkan seluruh isi Al-Quran sebelum habis masa tahanannya. Menurut Dousary, hukuman ini akan memberikan pembunuh anaknya pelajaran yang lebih berharga.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Arab Saudi menganut hukum syariah Islam dalam pengadilan di negaranya. Bagi pembunuh, maka hukuman yang akan diterima pelaku adalah hukuman mati. Namun, hukum pancung bisa dihindari jika keluarga korban memaafkan atau menetapkan diyat (uang darah) yang harus dibayar oleh pelaku.

Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024