Presiden Benin Diracun Keponakan Sendiri

Presiden Benin, Thomas Boni Yayi, saat berpidato di PBB
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVAnews - Upaya pembunuhan Presiden Benin Thomas Boni Yayi dengan cara diracun berhasil digagalkan aparat. Tiga orang tersangka, salah satunya adalah keponakannya sendiri, ditahan atas tuduhan konspirasi dan upaya pembunuhan kepala negara.

Diberitakan BBC, Senin 22 Oktober 2012, kecurigaan bahwa Yayi diracun adalah karena kesehatannya yang terus menurun dan sering muntah-muntah. Jaksa penuntut Justin Gbenameto mengatakan, upaya pembunuhan ini berhasil digagalkan setelah Yayi dirawat.

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka, yaitu kemenakan Yayi, Zouberath Kora-Seke, yang bekerja di kediamannya, Mantan Menteri Perdagangan, Moudjaidou Soumanou, dan dokter pribadi presiden, Ibrahim Mama Cisse.

"Zouberath mengatakan rencananya pada kakaknya dan beberapa orang lainnya, mereka kemudian memperingatkan Yayi," kata Gbenameto. Ketiganya ditahan atas kejahatan kriminal berupa konspirasi dan upaya pembunuhan terhadap pemimpin negara.

Yayi menjabat presiden setelah menang pemilu pada Mare 2006 dan kembali menjabat pada 2001. Dia sebelumnya adalah presiden West African Development Bank sejak tahun 1994.

Ini bukan kali pertama upaya pembunuhan terhadapnya gagal. Sebelumnya pada 2007, iring-iringan kendaraannya diserang saat melakukan kampanye. (eh)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024