Demi Berhaji, Pria Menyamar Jadi Wanita

Ribuan umat muslim melakukan Tawaf di Masjidil Haram
Sumber :
  • ANTARA/Saptono

VIVAnews - Berbagai cara dilakukan orang untuk beribadah haji, bahkan dengan cara yang ilegal. Salah satunya adalah dengan mencoba menipu petugas pemeriksa paspor dengan berpakaian seperti wanita.

Menurut kantor berita al-Arabiya yang mengutip harian Okaz Daily, Selasa 23 Oktober 2012, pria berpakaian wanita tersebut berhasil ditangkap di gerbang pemeriksaan kota Mekkah. Menurut otoritas keamanan haji, Brigadir Aed al-Harbi, pria ini mencoba menembus keamanan untuk berhaji dengan paspor dan izin palsu.

Pria ini adalah satu dari puluhan orang yang mencoba berhaji secara ilegal di Mekkah. Harbi mengatakan, 73 orang telah ditahan karena mencoba menyelundupkan warga lokal Saudi dan warga asing masuk ke Mekkah tanpa izin berhaji.

Departemen imigrasi Saudi juga telah menahan 281 ekspatriat yang melampaui izin tinggalnya di Saudi dan sebanyak 207 orang berhasil digagalkan masuk ke negara tersebut secara ilegal.

Aparat keamanan juga telah melarang 1.604 orang yang tidak memakai pakaian haji untuk masuk gerbang Mekkah. Beberapa dari mereka memiliki paspor dan visa palsu.

Sedikitnya delapan bus yang membawa jemaah haji ilegal dilarang melintas di beberapa pos pemeriksaan jalan tol. Para jemaah tanpa izin ini telah ditahan dan bisa dikenakan hukuman berupa denda, penjara, dan deportasi. Total, sebanyak 20.534 orang dipulangkan karena tidak punya izin haji.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Upaya para penyelundup jemaah ini juga semakin menyulitkan petugas. Para penyelundup mulai memasukkan jemaah-jemaah haji melalui pegunungan yang mengelilingi Mekkah. Namun, Harbi mengatakan, satuannya siap menghadang semua upaya ini.

Sedikitnya 245.000 pegawai negeri diturunkan untuk membantu pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang diperkirakan diikuti oleh sekitar tiga juta orang dari seluruh dunia. Kementerian Kesehatan Saudi juga telah menurunkan 15.000 petugas untuk menangani masalah medis para jemaah.  (umi)

Chandrika Chika

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

Saat itu ibunda Chandrika Chika berharap putrinya bisa lebih selektif dalam memilih teman pergaulan. Sebab berdasarkan penuturan Chika, dia ingin masuk ke semua pergaulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024