Topan Sandy Turut "Ganggu" Obama dan Romney

Debat Pilpres putaran kedua Barack Obama dan Mitt Romney
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Datangnya Topan Sandy, yang awal pekan ini mengancam pesisir timur AS - termasuk Washington DC dan New York - tidak saja membuat cemas jutaan warga. Angin ribut ini membuat gusar dua kandidat presiden AS yang tengah bertarung, Barack Obama dan Mitt Romney, karena mengacaukan konsentrasi mereka menghadapi pemilu 6 November 2012.

Menurut kantor berita Reuters, Obama dan Romney terpaksa membatalkan jadwal kampanye awal pekan ini di beberapa wilayah strategis setelah pihak berwenang memperkirakan bahwa Sandy bisa menjadi topan terdahsyat dalam sejarah AS bila bergerak ke Negeri Paman Sam setelah akhir pekan lalu memporak-porandakan Karibia, Amerika Tengah.

Konsentransi Obama saat ini terpecah. Dia untuk sementara harus mendahulukan tugasnya sebagai presiden untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mengantisipasi ancaman Topan Sandy.

Menurut Obama, daerah-daerah berpenduduk padat di pesisir timur AS bisa mengalami pemadaman listrik dan ganggguan-gangguan lain akibat datangnya Sandy. Datangnya topan itu ditandai dengan hujan deras dan angin sangat kencang.

"Jangan hanya mengantisipasi hingga topan lewat, karena bisa saja masyarakat menghadapai beberapa masalah potensial lainnya di sepanjang pekan ini," kata Obama setelah mengunjungi pusat penanggulangan topan milik pemerintah pusat, Minggu waktu setempat.

Obama kemudian terbang ke Florida untuk meneruskan kampanye. Namun, seperti juga dialami Romney, Obama pun harus membatalkan beberapa jadwal di Virginia. Padahal itu merupakan salah satu negara bagian yang diperebutkan dua kandidat mengingat, sebagai wilayah  "non-blok" suara mayoritas di daerah itu turut menjadi kunci kemenangan pada Pemilu mendatang.

Sementara itu, Romney harus banting setir dari Virginia untuk bergabung dengan calon wakil presidennya, Paul Ryan, yang berkampanye di Ohio. Itu juga termasuk wilayah kunci bagi kedua kandidat presiden.

Obama sendiri batal berkampanye di Ohio, yang sedianya berlangsung setelah dia mampir ke Florida. "Saya tidak akan bisa berkampanye sebanyak kemarin dalam dua hari ke depan," kata Obama kepada para pendukungnya di Orlando pada Minggu malam waktu setempat.

Obama dan Romney juga sama-sama membatalkan kampanye di New Hampshire, yang diperkirakan bakal dilalui Topan Sandy. Sekitar 50 juta warga AS berada di jalur yang kemungkinan dilalui Sandy, yang diperkirakan mulai masuk ke pesisir timur pada Selasa pagi waktu setempat (malam WIB).

Topan ini sudah merenggut nyawa sedikitnya 66 orang di kawasan Karibia, Amerika Tengah. Maka pihak berwenang di AS sudah memerintahkan pengungsian bagi para warga yang wilayah mereka bakal dilalui angin topan. (umi)

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024