Ratusan Pasien Dievakuasi dari RS di New York

rumah sakit di New York berjuang mengevakuasi pasien
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Lebih dari 200 orang sakit parah, termasuk 20 bayi, terpaksa dievakuasi dari sejumlah rumah sakit utama di Kota New York, Senin malam, 29 Oktober 2012. Evakuasi ini menyusul pemadaman listrik akibat topan Sandy yang menghantam wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

Evakuasi ini harus dilakukan menyusul kegagalan petugas menghidupkan generator, seperti dikutip dari Daily Mail edisi Selasa, 30 Oktober 2012. Belasan ambulans berbaris di luar New York University Tisch Hospital.

Para dokter dan perawat memulai evakuasi dengan memindahkan pasien paling muda dan paling parah yang membutuhkan perawatan intensif. Beberapa respirator pun dioperasikan dengan daya dari baterai.

Seorang dokter menceritakan bagaimana mereka harus mengevakuasi banyak pasien yang bahkan tak mampu berjalan menuruni anak tangga, supaya bisa keluar dari rumah sakit. Dia menyebut proses ini sebagai mimpi buruk. Dokter Jonathan LaPook mengatakan kepada CBS News, "Dengan susah payah, mereka dibawa turun oleh tim menggunakan tandu plastik dari lantai 17."

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Saat tiba di rumah sakit, LaPook menambahkan, semua pasien di ICU sudah dievakuasi. Hanya diterangi senter, dia melihat selimut kusut dan barang-barang yang berantakan. Pemandangan seperti film-film detektif.

"Tapi, tak bisa disangkal, ini kehidupan nyata. Petugas berpacu dengan waktu untuk mengevakuasi pasien. Ini situasi yang menantang. Ini bukan latihan," kata dia.

Kota New York diliputi kegelapan setelah serbuan topan Sandy yang muncul menyapu Pantai Timur AS. Listrik di sebagian besar wilayah di Manhattan dimatikan, termasuk RS Tisch, menyusul ledakan sebuah gardu listrik, kata seorang petugas.

Tanpa listrik, tangga berjalan dan lift tak bisa digunakan. Artinya, pasien yang menderita sakit serius pun harus dibawa turun melalui tangga dengan hati-hati. Para pasien ini dibawa ke rumah sakit lain yang memungkinkan, termasuk Mount Sinai dan Memorial Sloan-Kettering Cancer.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Menurut Walikota New York Michael Bloomberg, tak berfungsinya generator di rumah sakit New York University tidak mereka perhitungkan. Pengelola sebelumnya sudah memastikan bahwa generator sudah pernah diuji. "Kami bekerja sama dengan mereka (pengelola rumah sakit) untuk memindahkan orang-orang."

Rumah sakit lain di kota ini berjuang merawat pasien mereka di tengah keterbatasan listrik. Hoboken University Medical Center di New Jersey juga terpaksa mengungsikan pasien mereka untuk mengantisipasi badai.

Sementara Bellvue Hospital, mulai kehabisan bahan bakar untuk generator mereka. Kemungkinan, rumah sakit ini pun harus mengevakuasi pasien mereka, seperti dikutip dari WNYC.

Di Brooklyn, Coney Island Hospital gelap gulita setelah 'kehabisan' daya listrik, demikian dilaporkan Huffington Post.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024