Skandal Selingkuh Direktur CIA: Jenderal AS di Afganistan Diperiksa

Jenderal John Allen
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail/Files

VIVAnews - Skandal perselingkuhan yang membuat Jenderal David Petraeus mundur sebagai Direktur CIA, badan intelijen Amerika, tampaknya malah melebar. Ada seorang jenderal Amerika lagi yang diperiksa terkait skandal itu.

Dia adalah Jenderal John Allen, panglima pasukan NATO dan AS di Afganistan. Menurut kantor berita Reuters, bersumber dari seorang pejabat Departemen Pertahanan AS (Pentagon) pada Selasa waktu setempat, Allen kini turut diperiksa karena diduga secara tidak pantas terlibat komunikasi dengan seorang perempuan, yang tidak sengaja turut mengungkap skandal asmara Petraeus dengan seorang penulis biografinya, Paula Broadwell.

Skandal ini mengundang penyelidikan Biro Penyelidik Federal (FBI), sehingga memaksa Petraeus mundur sebagai Direktur CIA pada 9 November 2012. Terakhir,  kabar penyelidikan atas Allen ini menambah ramai pergunjingan atas Petraeus. Allen sendiri adalah pengganti Petraeus sebagai panglima pasukan NATO dan AS di Afganistan. 

Nama-nama lain pun berpotensi bisa muncul terkait skandal itu. Ini berdasarkan hasil sementara dari pemeriksaan para agen FBI. Mereka mengungkap antara 20.000 hingga 30.000 halaman komunikasi--sebagian besar dari surel (email) yang beredar dari 2010 hingga 2012. Komunikasi itu melibatkan Allen dan Jill Kelley, seorang perempuan yang diketahui sebagai teman lama keluarga Petraeus.

Kelly juga dikenal sebagai seorang relawan di Kota Tampa, negara bagian Florida. Perempuan itu aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dengan keluarga para tentara di Pangkalan Angkatan Udara MacDill, AS. 

Ini berawal dari keluhan Kelly, yang merasa terusik atas beberapa kiriman surel dari Broadwell. Keluhan ini mengundang investigasi dari FBI, sehingga pada akhirnya mengarah kepada dugaan perselingkuhan antara Broadwell dengan Petraeus.   

Ditanya jurnalis apakah ada kekhawatiran soal adanya informasi rahasia yang terungkap dari dokumen temuan FBI, pejabat anonim itu tidak mau menjawab secara jelas. "Kami khawatir mengenai adanya komunikasi yang tidak pantas. Kami tidak akan berspekulasi mengenai apa isi dokumen-dokumen itu," jawab dia.

Terkait dengan pemeriksaan atas Allen, Menteri Pertahanan Leon Panetta sudah mengungkapkan bahwa dia menunda pencalonan jenderal itu di pos baru, yaitu sebagai Panglima Komando AS-Eropa dan Panglima Tertinggi Sekutu di Eropa. "Presiden sudah setuju," kata Panetta, yang dulu menjabat jadi Direktur CIA sebelum digantikan oleh Petraeus.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan
Ilustrasi ekspor impor.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pemerintah terus memonitor dampak perlambatan ekonomi global terhadap ekspor Indonesia yang dipicu panasnya konflik Iran-Israel

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024