Obama Puji Keberanian Aung San Suu Kyi

Presiden AS Barack Obama bertemu Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVAnews - Presiden Barack Obama memuji keberanian dan semangat Aung San Suu Kyi dalam menghadapi rezim junta militer di Myanmar. Hal ini disampaikan Obama dalam kunjungannya ke villa pinggir danau tempat Suu Kyi menjalani tahanan rumah selama dua dekade.

"Di sini, di saat-saat sulit, dia telah menunjukkan keberanian dan semangat yang luar biasa. Di sinilah, kebebasan dan martabatnya sebagai manusia tidak bisa disangkal lagi," kata Obama pada konferensi pers usai pertemuan dengan Suu Kyi, Senin, 19 November 2012.

Dalam pertemuan itu, Obama ditemani oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton. Sebelum bertemu Suu Kyi, Obama melakukan pembicaraan selama satu jam dengan Presiden Thein Sein. Dalam pembicaraan itu, Sein yang mengenakan sarung dan sendal jepit khas Myanmar berkomitmen untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Sepanjang kunjungannya ke negara tersebut, Obama menggunakan kata "Myanmar" ketimbang "Burma". Nama ini jarang disebutkan Obama ketika berhubungan dengan negara ini.

Nama Myanmar diberikan oleh pemipin militer negara tersebut 23 tahun lalu, menggantikan nama Burma. Biasanya, pemimpin negara-negara Barat dan para aktivis demokrasi termasuk Suu Kyi menyabut "Burma" bukan "Myanmar".

Setelah ini, Obama akan menyampaikan pidatonya di Universitas Rangoon. Dalam transkrip pidato yang diterima CNN, Obama akan mendesak pemerintahan Myanmar meneruskan "perjalanannya yang luar biasa", yaitu upaya demokratisasi dan reformasi.

Sebelumnya, Obama menegaskan bahwa kunjungannya kali ini bukanlah untuk menyanjung Myanmar. Menurutnya, masih banyak yang harus dilakukan pemerintah Myanmar untuk mencapai reformasi total. Salah satunya adalah menghentikan kekerasan etnis di Rakhine yang menewaskan lebih dari 80 orang etnis Muslim Rohingya. (eh)

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024