22-11-1963: Pembunuhan Presiden Kennedy

John F Kennedy
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Pada 49 tahun yang lalu, Presiden Amerika Serikat (AS), John F. Kennedy, dibunuh dalam suatu kunjungan kerja di Kota Dallas, Texas. Kennedy ambruk ke pangkuan istrinya, Jackie Kennedy, setelah diterjang tiga peluru yang menembus tenggorokan dan kepala.

Menurut laman stasiun televisi BBC, iring-iringan mobil Presiden saat itu sedang melalui kawasan utama bisnis di kota Dallas. Gubernur Texas John Connaly juga mengalami luka serius ketika satu peluru bersarang di punggungnya.

Kennedy dinyatakan tewas pada pukul 13.00 waktu setempat. Baru berusia 46 tahun dan hingga saat ini Kennedy dikenang sebagai presiden AS termuda yang tewas dibunuh.

Pembunuhan itu, sampai saat ini, terus menuai kontroversi walau pihak keamanan AS saat itu menangkap seorang tersangka bernama Lee Harvey Oswald.

Oswald menyangkal melakukan pembunuhan. Namun, sebelum didakwa ke pengadilan, Oswald justru dibunuh oleh Jack Ruby pada 24 November 1963. Ruby sendiri keburu tewas akibat penyakit kanker sebelum sempat diadili.

Pengganti Kennedy, Presiden Lyndon Johnson lalu membentuk suatu komisi untuk menyelidiki pembunuhan pendahulunya itu. Kesimpulan tim penyelidik, Kennedy memang dibunuh Oswald.

Namun, hasil kesimpulan itu masih belum diakui banyak pihak di AS, yang menduga pembunuhan Kennedy terkait dengan konspirasi politik.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024