DK PBB Minta Israel-Hamas Hormati Gencatan Senjata

Sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVAnews - Dewan Keamanan (DK) PBB menyerukan Israel dan Hamas untuk menghormati perjanjian gencatan senjata yang telah disepakati. DK PBB juga memuji upaya Presiden Mesir Mohamed Mursi dalam memediasi dua pihak yang berseteru itu.

Diberitakan Reuters, Rabu 21 November 2012, dewan dengan 15 anggota ini dalam pernyataannya mengatakan "menyesalkan hilangnya nyawa warga sipil akibat situasi ini dan mendesak perlunya langkah yang tepat untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga sipil sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional."

ditetapkan pada Rabu malam waktu setempat setelah kedua pihak dengan mediasi Mesir mencapai kata setuju. Gencatan senjata digelar setelah delapan hari serangan Israel menewaskan lebih dari 162 orang.

"Anggota dewan menyerukan kedua pihak untuk menjalankan gencatan senjata dan serius melaksanakan kesepakatan demi tujuan baik," kata DK PBB.

DK PBB juga memuji peran Mursi dalam menengahi konflik Israel-Hamas di Gaza. "Anggota dewan sangat memuji upaya Presiden Mesir Mursi dalam mencapai gencatan senjata," tulis DK PBB.

Dewan ini juga menyampaikan apresiasinya terhadap Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon yang mengunjungi wilayah konflik dan menyerukan komunitas internasional memberikan bantuan makanan dan medis untuk Gaza.

Israel mundur dari Gaza pada tahun 2005 namun tetap menguasai wilayah perbatasan. Menurut PBB, Gaza masih termasuk wilayah jajahan Israel, seperti Tepi Barat. Sejak Hamas memenangkan pemilu 2007 lalu, Israel menerapkan blokade terhadap Gaza.

Heran dengan Gugatan PAN, Suhartoyo Tanya Ketua KPU: Ada Suara Setengah Enggak?
Pangeran WIlliam

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

Baru-baru ini, Pangeran William memberikan kabar terbaru tentang Kate Middleton, dan ketiga anak mereka saat walkabout dadakan di luar istana dengan menyapa masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024