DUNIA

Rakyat Gaza Merasa Menang Lawan Israel

Keberhasilan roket Hamas menghantam Tel Aviv sangat monumental

ddd
Kamis, 22 November 2012, 21:59
Bendera Palestina, Hamas, Fatah berkibar di Jalur Gaza
Bendera Palestina, Hamas, Fatah berkibar di Jalur Gaza (Reuters/ Mohammed Salem)

VIVAnews - Meski 162 orang Gaza tewas dalam 8 hari perang dengan Israel, gencatan senjata disambut warga Palestina di Jalur Gaza sebagai kemenangan. Bendera Hamas dan Fatah berkibar-kibar, meski reruntuhan sisa pengeboman Israel tampak di mana-mana.

Menurut kantor berita Reuters, mereka merasa menang karena untuk pertama kalinya roket Hamas berhasil menghantam Tel Avid dan Jerusalem. Terbukti, Hamas berhasil menerobos sistem antimisil Kubah Besi Israel yang canggih.

"Selamat atas kemenangan Anda," kata seseorang yang melintas saat menyalami seorang polisi lalu lintas Hamas yang kembali ke jalan setelah bersembunyi selama serangan udara dari Israel.

Juga ada warga yang turun ke jalan merayakan. Bendera Hamas berkibar di mana-mana meski ada juga yang mengibarkan bendera Fatah, faksi pejuang Palestina yang lebih dekat dengan Barat.

"Hari ini kesatuan kita terbukti, Hamas dan Fatah adalah satu tangan, satu senapan dan satu roket," kata pemimpin senior Hamas Khalil Al-Hayya di hadapan ribuan orang di lapangan utama Gaza.

Hadir juga Nabil Shaath, seorang figur senior Fatah, di panggung itu, berbagi dengan pemimpin Hamas dan Jihad Islam, serta faksi-faksi lain.

Fatah dan Hamas berbeda strategi. Fatah menerima konsep "dua negara" yakni Palestina dan Israel eksis, sementara Hamas menginginkan penghapusan negara Israel. Fatah pun jadi lebih moderat, memimpin di Tepi Barat dan Timur Jerusalem.

Tak satu pun dari kedua strategi ini berhasil mencapai misi Palestina merdeka dan berdaulat. Namun  di Gaza, setelah delapan hari ini, makin banyak rakyat Gaza yang berpopulasi 1,7 juta itu berdiri di sisi Hamas.

"Ini kemenangan untuk Gaza," kata pedagang sayur Sami Shbair. "Yahudi harus paham bahwa kami berkuasa di Gaza dan berikutnya akan melampaui Tel Aviv," katanya. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
jualkecap
24/11/2012
siapa yg jajah??? pd awalnya tanah itu tdk bertuan pemebrian inggris. org arab diajak berbagi dgn israel tdk mau. setelah israel mendeklarasikan diri, baru orng arab sibuk buat negara teroris Palestina(PLO) Lihat wikipedia...blajar dong trima org lain
Balas   • Laporkan
ali.saja.5817 | 25/11/2012 | Laporkan
wkwkwk...tanah tak bertuan, lantas imperialis inggris itu jg pemilik dunia ini???...parah lo mental jongos
kecacil
23/11/2012
ini bukan perang agama,tp sebuah penindasan sebuah bangsa kpada bangsa lain..bahkan seorang ahmadinejad pun tk pernah menyudutkan orang kristen atas konflik ini,krna dia tau ini bukan mslah agama..tp knapa disini orang kristen di bawa2???
Balas   • Laporkan
darkzz
23/11/2012
duhhhh,,ramenya penonton kita ini..hahahaha..
Balas   • Laporkan
bloody3lf
23/11/2012
lho, kota hancur dibombardir,korban 162,sedangkan musuh cuma 5 yg mati itu disebut kemenangan? katanya pengen israel dihapus dr timteng baru namanya kemenangan. duh gw jadi bingung cara berpikirnya kaum ini.apakah sudah stres ampe gila?
Balas   • Laporkan
ali.saja.5817 | 24/11/2012 | Laporkan
aku yakin bloody dan desak nih kakek2nya dulu hidup mapan dari menjilat boolnya penjajah...wajar ga bisa menularkan semangat perjuangan ke anak cucunya...jadinya ya kayak gini ini
desak.puspa.77 | 24/11/2012 | Laporkan
apapun itu ga ada alasa gencatan senjata dikatakan kemenagan si a si b....tuh palestina bisa bedain kemenangan ga sih,,,,streesss kaliii
andreanxxx | 23/11/2012 | Laporkan
MAs Bro.. baca dl yg teliti.. kemenangan disitu bukan berarti angka kematian, itu krn ada bbrapa roket yg mampu menembus pertahanan canggih israel..
ali.saja.5817
23/11/2012
Dan untuk kita saudara-saudara lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka semboyan kita tetap: merdeka atau mati! (petikan...Bung Tomo, Sby 10 Nov 45) bagi anda yg mencemooh perjuangan Hamas d Gaza...anda tidak layak tinggal d NKRI.
Balas   • Laporkan
belakebenaran | 24/11/2012 | Laporkan
yg nggak suka kemerdekaan krn mereka adalah antek2 penjajah yg menyebarkan agamnya lewat penjajahan
ali.saja.5817 | 23/11/2012 | Laporkan
Semangat utk merdeka dr penjajah yg dimiliki warga gaza "Hidup Mulia ato Mati Syahid" sama dgn yg kita miliki pd peristiwa sby 10 nov'45 "Merdeka ato Mati",maka mencemooh mereka sama dgn mencemooh para pejuang kita sendiri.
mahadewa | 23/11/2012 | Laporkan
EMANKNYA ELO SIAPA YAH..?KALO GT MUSLIM DI BALI, DI AMBON DAN INDONESIA TIMUR HARUS KELUAR..!
juliusbathosay
23/11/2012
israel emang bangsa pilihan, termasuk para pendukungnya. Makanya kalian harus rame2 dukung israel. Biar apa ? Biar dipilih masuk NERAKA. ohwh lupa, dosa kalian kan dah ditepus ditiang salib, tp benarkah ??? Jawabannya klo dah mati ya . . .
Balas   • Laporkan
kecacil | 23/11/2012 | Laporkan
heh bego,yg yg udah di tebus itu nasrani bukan orang yahudi,belajar lg sono biar ngk keliataan bego..nasrani dan yahudi itu berbeda.yahudi tidak mengakui isa sebagai juruselamat..mreka malah menyalibnya,dan sampai sekarang orang yahudi msh mununggu juruse
parlinray
23/11/2012
mudah mudahan Allah memberikan kekuatan dan mukjizat kepada palestina atas penindasan,pembunuhan bombardir secara brutal yg dilakukan yahudi negara israel, smoga Allah memberikan jalan yg benar
Balas   • Laporkan
desak.puspa.77 | 23/11/2012 | Laporkan
kalo roket hamas yang ngebunuh 5 orang israel tuh mesti dikutuk juga pa ga ya????
instant01
23/11/2012
Allahuakbar.. Hidup Palestina. Yang membela Zionis Israel & Amerika Insya allah Ntar nasibnya Kayak Ariel Sharon mantan PM israel yang Membusuk Tak Diterima Bumi, bagai Mayat hidup. Karena Kena Azab dr Allah.
Balas   • Laporkan
ali.saja.5817 | 24/11/2012 | Laporkan
badboyx:tidak ada umat islam yg menghujat Isa (yesus), krn itu nabi yg mulya umat islam juga...jangan ngaco kamu. mahadewa:URUSAN APA LO NGOMONG KAYAK GITU ?
hugamedia | 23/11/2012 | Laporkan
@Mahadewa:pa lagi nasib kau mahadewa,masih terikat tu dicungur B4bi,kau sebut nama nabi Umat muslim,makin jelas orientasi kebencianmu,sadar to cuk,Muslim jg punya HAK atas keyakinannya
mahadewa | 23/11/2012 | Laporkan
MUHAMMAD JUGA KAGAK JELAS TUH NASIBNYA..! masih terikat dikandang anjink..
unggun-dahana
23/11/2012
walau bagaimanapun juga Tuhan Yesus tetap memberkati israel
Balas   • Laporkan
kecacil | 23/11/2012 | Laporkan
israel sejak dulu tak pernah kalah dalam perang tp ingat,yesus tak kan pernah beri kedamaian buat israel,karna mereka bangsa serakah,seperti daud yg serakah akan kekuasaannya..
hugamedia | 23/11/2012 | Laporkan
Damai dalam keyakinanmu @unggun-dahana,MOSLEM sejati gak akan pernah ganggu
gabrile | 23/11/2012 | Laporkan
ohhhh baru tau saya...kitab injil halaman berapa yah...jangan sotoy luhhh...baca injil dulu boy...
anakpanti
23/11/2012
Indonesia.. inilah negara Hamas yang kalian demo demo kan di jalan selama ini.. Bangga atas kematian rakyatnya.. bangga telah me-roket Israel, giliran dibumi hanguskan oleh Israel malah ngemis2 mengatas namakan warga yg mati..
Balas   • Laporkan
hugamedia | 23/11/2012 | Laporkan
@mahadewa:mata hati kau ni sudah dibutakan oleh kebencian pada MOSLEM..kasian,mungkin saat ini sang penebus dosa jga sudah enggan menebus dosa kau.
mahadewa | 23/11/2012 | Laporkan
YAH KAYAK KAGA TAHU SAJA ..MUSLIM TUH DAGANGNYA PENIPU..JGN DAGANG SAMA MUSLIM..DITIPU DAN PEMERAS..!
rpg7 | 23/11/2012 | Laporkan
@badboyx yang kamu dukung itu Israel or Zionistnya? Kl Israel adalah kaum, kl negara Israel adalah negara orang Zionist, kl gak percaya tu ada kelompok yahudi yg anti negara Israel


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id