26-11-1941: Penetapan Hari Thanksgiving

Obama mengampuni kalkun di hari Thanksgiving
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas

VIVAnews - Pada 71 tahun yang lalu Presiden AS saat itu, Franklin D.Roosevelt, menandatangani undang-undang (UU) yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Laman berita Politico mengungkapkan bahwa tradisi merayakan liburan setelah masa panen di hari Kamis ini berawal pada abad 17 di wilayah koloni Plymouth dan Massachusetts.

Tahun 1777, Kongres Kontinental menyatakan hari thanksgiving secara resmi untuk pertama kalinya, mengikuti kemenangan patriot di Saratoga. Tahun 1789 Presiden George Washington menjadi presiden pertama yang memproklamirkan libur Thanksgiving. Saat itu atas permintaan kongres, dia menetapkan 26 November, hari selasa sebagai hari libur nasional Thanksgiving,untuk diratifikasi dalam konstitusi AS.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Tapi ternyata itu tak terjadi juga hingga 1863, ketika Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan Thanksgiving untuk jatuh pada hari Kamis terakhir di bulan November.

Dengan beberapa kekecualian, setiap tahun presiden-presiden berikutnya mengikuti ketetapan yang dibuat Lincoln. Tahun 1939, Presiden Roosevelt keluar dari tradisi dengan mendeklarasikan 23 November, sebelum hari Kamis terakhir di bulan November tahun itu, sebagai hari Thanksgiving. Pemilihan hari untuk menarik musim belanja hingga Natal, yang dalam proses pembuatannya menciptakan kontroversi.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Pada 26 November 1941, Presiden Roosevelt meralat dan mengakui kekeliruannya. President Roosevelt menandatangani undang-undang yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

Pengemudi mobil Fortuner berinisial PWGA yang bersikap arogan dan menggunakan pelat dinas TNI palsu (berbaju tahanan warna oranye) di Polda Metro Jaya, Kamis, 18 April 2024

Pemobil Fortuner Diperintah Sang Kakak Buang Pelat TNI di Lembang, Polisi Turun Tangan

Pengemudi mobil Fortuner arogan berinisial PWGA di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mengaku mendapatkan pelat dinas TNI dari sang kakak yang merupakan Purnawirawan TNI.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024