DUNIA

19 Tahun Menikah, Lelaki Ini Tak Tahu Istrinya Seorang Pria

Jan menikahi Monica, seorang warga negara Indonesia, pada 1993.
Selasa, 27 November 2012
Oleh : Eko Priliawito, Oscar Ferri
Ilustrasi pernikahan

VIVAnews - Ada-ada saja nasib pria asal Belgia ini. Ia tak mengira, jika istrinya Monica, seorang warga negara Indonesia, dilahirkan sebagai seorang pria. Padahal mereka sudah menikah selama 19 tahun.

Jan, begitu ia dipanggil, menikahi Monica pada 1993 silam. Saat proses untuk menikahi Monica, Jan sempat mendapat kesulitan soal keimigrasian, karena sang istri adalah warga Indonesia.

"Saya membawanya ke Belgia itu tidak mudah," kata Jan, seperti yang dikutip dari Telegraph, Senin, 26 November 2012.

Pengadilan di Belgia sendiri, kata dia, sebelumnya memang pernah meragukan keaslian akta lahir dan surat-surat identitas lainnya. Tapi akhirnya, pengadilan menerima Monica, dan memberi izin menikah dengan Jan.

Menurut Jan, Monica sama sekali tak punya ciri-ciri fisik yang dimiliki seorang pria. "Saya pikir dia adalah seorang wanita yang menarik. Dia tidak punya ciri-ciri laki-laki," kata Jan.

Lalu bagaimana mereka ketika berhubungan intim sebagai suami istri? Menurut Jan, tidak ada yang aneh dengan Monica saat berhubungan intim.

"Saya tidak pernah melihat apa-apa. Saya dan dia sudah memutuskan untuk tidak mempunyai anak. Karena saya sendiri sudah memiliki dua orang anak dari istri saya sebelumnya," ujarnya.

Bahkan, selama menjalani kehidupan berumah tangga, Monica benar-benar seperti seorang perempuan pada umumnya. Yakni mengalami menstruasi dan memakai pembalut. Namun, rupanya itu adalah tipuan.

"Dia menyembunyikan kebenaran," kata Jan yang kini berusia 64 tahun.

Selama bertahun-tahun, kata Jan, Monica yang sekarang berusia 48 tahun itu sudah seperti "kakak" bagi kedua anaknya itu. Dan anak pertamanya pula yang beberapa kali kesempatan melihat ibu tirinya itu sedang berada di sebuah klub malam.

"Dia mulai pakaian yang sangat mencolok, dengan rok super mini atau atasannya yang ketat, sehingga perutnya terlihat," katanya.

Sampai pada akhirnya, rumor mengenai "keaslian" Monica mengemuka. Jan menemukan pesan mesra dari orang lain di komputernya, yang berujung dia terlibat kasus kekerasan dan berurusan dengan polisi.

"Seorang teman mengatakan pada saya, bahwa ia telah mendengar Monica sebenarnya pria yang berubah menjadi wanita. Aku tidak bisa percaya. Bahkan ternyata anakku yang pertama juga mendengar rumor yang sama," ujarnya.

"Aku mendorongnya ke dinding dan berkata: sekarang aku tahu kebenaran bahwa kamu seorang pria. Dan dia mengakui, jika ia dilahirkan sebagai pria dan melakukan operasi kelamin sebagai wanita. Dia sekarang wanita, dan dia merasa tak perlu memberi tahu saya tentang masa lalunya sebagai seorang pria. Dunia saya pun runtuh malam itu juga. Ini pukulan telak buat saya. Dan polisi pun datang," katanya.

Jan sekarang sedang menjalani perawatan kejiwaan setelah mendapat permasalahan itu. Proses hukum untuk membatalkan pernikahannya sudah berjalan.

"Orang itu telah sengaja menipunya selama bertahun-tahun. Dia penipu. Dan dia juga memalsukan dokumen yang digunakan di sini untuk mendapatkan izin tinggal. Anak-anak, yang selama bertahun-tahun hidup bersamanya juga menjadi hancur seketika," kata Verjauw Liliane, pengacara Jan.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found