RI-Ceko Perkuat Kerjasama Pertahanan

VIVAnews - Indonesia dan Republik Ceko sepakat memantapkan kerja sama pertahanan, menyusul penandatanganan nota kesepahaman "Agreement Between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Czech Republic on Co-operation Activities in the Field of Defence", 21 November 2006 lalu.

Sekjen Departemen Pertahanan (Dephan) Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, di Jakarta, Jumat 6 Maret 2009  mengatakan, kedua pihak akan kembali mengadakan pertemuan untuk membahas lebih lanjut pelaksanaan nota kesepahaman tersebut.

"Kami sudah membentuk komite kerja bersama dalam kerangka kerja sama pertahanan kedua negara. Nah, kita sepakat memantapkan lagi komisi-komisi tersebut, sehingga nota kesepahaman yang sudah ditandatangani menjadi lebih aplikatif," katanya.

Pertemuan kedua pihak akan dilaksanakan pada pertengahan Maret 2009 di Praha, Republik Ceko.

Nota kesepahaman pertahanan RI-Ceko itu meliputi kerja sama di bidang pertukaran informasi dalam pengembangan urusan pertahanan, pertukaran perwira untuk pendidikan di lembaga pendidikan, baik di sekolah staf dan pelatihan profesional, maupun yang berkaitan dengan penelitian.

Bidang kerja sama lainnya adalah pertukaran data ilmu pengetahuan dan teknologi tenaga ahli maupun pelatih serta berbagai bentuk kerja sama teknis lainnya sesuai dengan kepentingan pertahanan bagi kedua belah pihak.

Kedua negara juga sepakat meningkatkan kerja sama antarinstitusi pertahanan yang berkaitan dengan teknologi industri pertahanan dalam rangka kepentingan dan kemanfaatan bersama, termasuk pertukaran teknologi, bantuan teknis, pelatihan dan produksi bersama.

Setelah hancurnya Pakta Warsawa, Ceko berkiblat ke Eropa Barat dan AS, kemudian tergabung dengan NATO pada 1999. Pada 2003 Kabinet Ceko menyetujui strategi kebijakan pertahanan baru, di mana NATO, UE dan Euro-Atlantik sebagai pilarnya. (tvone)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024