Habibie Disebut ‘Dog of Imperialism’ oleh Koran Malaysia, DPR Protes

BJ Habibie Di Acara Democracy Take-Off
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Dewan Perwakilan Rakyat akan mengirimkan nota protes kepada Malaysia. Ini karena koran pemerintah Malaysia, Utusan Malaysia, dalam tajuk rencananya Senin 10 Desember 2012 yang berjudul ‘Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim,’ menyebut Habibie sebagai pengkhianat.

“DPR akan mengirimkan surat secara langsung kepada Perdana Menteri Malaysia untuk memberikan teguran, kecaman, dan protes kepada PM Malaysia terkait hal itu,” kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung, di hadapan rapat paripurna DPR, Selasa 11 Desember 2012.

Langkah DPR melayangkan nota protes itu diputuskan setelah Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional, Teguh Juwarno, melakukan interupsi dalam paripurna DPR yang isinya memprotes tajuk rencana koran Utusan Malaysia yang ditulis oleh mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin.

Teguh Juwarno menyatakan, nota protes DPR itu merupakan bentuk ketegasan sikap Indonesia kepada Malaysia. “Tadi saya diminta untuk mengirimkan petikan beritanya ke Sekretariat Pimpinan DPR untuk dilampirkan dalam protes langsung kepada PM Malaysia,” kata dia.

“Habibie sempat menjadi Presiden dan mengkhianati bangsa dan negaranya setelah menjadi Presiden,” demikian petikan tulisan Tajuk Rencana Utusan Malaysia edisi 10 Desember 2012.

Teguh menyatakan, sebagai warga negara Indonesia, ia tidak mau bila Habibie yang notabene merupakan Presiden RI ketiga, dihina. “Kita kan tidak rela kalau mantan kepala negara kita dihina. Jadi boleh saja parlemen menyampaikan nota protes, karena kami representasi masyarakat,” ujarnya. (umi)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024