Sikap Habibie Soal Pemberitaan Koran Malaysia

BJ Habibie.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Mantan Presiden RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, mempersilakan masyarakat Indonesia dan lembaga-lembaga terkait di RI untuk mengambil sikap terkait tajuk rencana koran Utusan Malaysia, Senin 10 Desember 2012, yang menyebut Habibie sebagai

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Direktur Habibie Center, Ahmad Watik Pratiknya. “Pak Habibie dan Habibie Center tidak akan menyanggah ataupun mengutuk isi artikel itu. Kami serahkan kepada masyarakat untuk menginterpretasikannya karena masyarakat sudah cukup cerdas menilai suatu pemberitaan,” kata Watik kepada VIVAnews, Selasa 11 Desember 2012.

Habibie berpendapat pemberitaan itu sudak menjadi milik publik. Ia pun sudah biasa menghadapi cercaan. “Kebijakan Pak Habibie membebaskan Timor Timur disebut sumber perpecahan. Membebaskan pers berkembang disebut sumber kekacauan. Pak Habibie juga disebut pengkhianat dan dibenci rakyat. Tapi kan kita sudah tahu bagaimana yang sesungguhnya terjadi,” ujar Watik.

Sebelumnya, pemberitaan soal Habibie di harian Utusan Malaysia itu menimbulkan kehebohan di rapat paripurna DPR. DPR bahkan berencana untuk mengirimkan nota protes langsung kepada Perdana Menteri Malaysia. “Kami akan memberikan teguran, kecaman, dan protes kepada PM Malaysia terkait hal itu,” kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung.

Namun Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengimbau DPR untuk mengurungkan niat mengirim nota protes itu, karena tajuk rencana Utusan Malaysia itu merupakan pandangan pribadi mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin.

 “Nanti kita cari bagaimana menyampaikan pandangan kita itu. Tapi pandangan pribadi mantan menteri Malaysia itu jangan malah dikasih forum. Jangan malah kita membuat bobot pandangan itu lebih (penting) dari yang sebenarnya,” kata Marty. (umi)

Remaja di Lampung Tengah Tewas Ditusuk Pakai Pisau Dapur
Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024