Dokter di Inggris Selamatkan Nyawa dengan Alkohol Murni

Ilustrasi.
Sumber :
  • homestead.com

VIVAnews - Tim dokter di Inggris menyelamatkan nyawa seorang pria yang mengalami gangguan jantung. Dia menggunakan cara yang tidak biasa dilakukan dalam dunia medis untuk menyembuhkannya.

Diberitakan BBC, Senin 24 Desember 2012, Ronald Aldom, 77 tahun, warga Portished dekat Bristol mengalami detak jantung yang tidak teratur yang disebut ventricular tachychardia. Penyakit ini dialaminya usai mengalami serangan jantung.

Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa mematikan. Penggunaan metode standar untuk mengatasi masalah ini tidak berhasil. Akhirnya, tim dokter menggunakan cara yang lain, yaitu menyuntikkan alkohol murni ke dalam jantung.

Para dokter melakukan kateter dari pangkal paha menuju jantung. Ketika sudah menemukan biang masalahnya, alkohol murni disuntikkan. Alkohol murni atau ethanol mematikan otot-otot di wilayah jantung yang membuat ritme detak tidak teratur.

Cara ini jarang sekali dilakukan di Inggris. Ahli kardiologi Dr Tom Johnson yang terlibat operasi ini di Bristol Heart Institute mengatakan bahwa kondisi Aldom sekarang sudah membaik.

"Dia tidak akan meninggalkan rumah sakit jika tidak dilakukan sesuatu. Tidak ada pilihan lain," kata Johnson.

Aldom yang sudah keluar rumah sakit bersyukur tim dokter menemukan cara cerdas untuk menyelamatkannya. "Jika mereka tidak melakukan ini, saya mungkin tidak akan ada di sini," kata dia. (art)

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024