Mesir Loloskan Konstitusi Rancangan Sekutu Mursi

Presiden Mesir Mohamed Mursi dalam dialog nasional
Sumber :
  • REUTERS/Egyptian Presidency/Handout

VIVAnews – Warga Mesir menyetujui rancangan konstitusi yang disusun oleh sekutu Presiden Mohamed Mursi berdasarkan hasil referendum yang diumumkan Selasa, 25 Desember 2012. Ini menunjukkan bahwa kaum liberal, sayap kiri, dan Kristen Mesir tidak berdaya menghadang kekuatan Islam yang berkuasa di negeri itu.

Hasil akhir referendum menyimpulkan bahwa konstitusi itu disetujui oleh 63,8 persen pemilih. Ini merupakan kemenangan beruntun kelompok Islamis Mursi untuk yang ketiga kalinya sejak Hosni Mubarak digulingkan pada revolusi 2011.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Sebelumnya, kelompok oposisi turun ke jalan untuk menghadang konstitusi itu. Mereka menilai konstitusi itu mencampur-adukkan politik dan agama secara berbahaya, dan mengabaikan hal-hak kaum minoritas.

Sebaliknya, Presiden Mursi mengatakan konstitusi itu menawarkan perlindungan yang cukup untuk kaum minoritas. Penerapan konstitusi itu  dinilai Mursi sangat mendesak demi menghindari dua tahun pergolakan dan ketidakpastian politik di Mesir yang telah melemahkan bahkan menghancurkan perekonomian negara itu.

“Saya berharap semua kekuatan nasional di Mesir kini mulai bekerja sama untuk membangun sebuah Mesir baru. Saya melihat rancangan ini sebagai konstitusi terbaik dalam sejarah Mesir,” kata Murad Ali, pejabat senior di partai sekutu Mursi, kepada Reuters.

Sementara untuk mengatasi kerusuhan yang telah terjadi berminggu-minggu sehingga melumpuhkan perekonomian Mesir, pemerintah menerbitkan peraturan baru terkait mata uang asing untuk mencegah pelarian modal ke luar negeri. Kini semua orang dilarang untuk meninggalkan atau memasuki Mesir dengan membawa uang tunai lebih dari US$10.000.

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024