Bir Akhirnya Masuk Kategori Minuman Beralkohol di Rusia

Festival bir Oktoberfest 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Kai Pfaffenbach

VIVAnews - Pemerintah Rusia akhirnya memindahkan bir dari kategori "minuman" menjadi "minuman beralkohol". Langkah ini dilakukan untuk mengurangi dampak mematikan bagi para peminum alkohol di Negeri Beruang Merah tersebut.

Diberitakan Telegraph pekan ini, dengan peraturan baru yang disahkan Presiden Dmitry Medvedev akhir tahun lalu, bir baik kaleng maupun botol dilarang dijual di kios-kios pinggir jalan dan minimarket 24 jam, bersandingan dengan minuman seperti jus dan air mineral.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Bir hanya boleh dijual di restoran, kafe dan supermarket yang memiliki luas sedikitnya 50 meter persegi. Peraturan ini diterapkan mulai 1 Januari 2013.

Peraturan ini tidak ayal akan menyusahkan rakyat Rusia yang kadung cinta minuman beralkohol. Bagi mereka, bir hanya sekadar minuman ringan (soft drink) untuk memuaskan dahaga mereka atau pengganti vodka, minuman keras khas Rusia.

Itulah sebabnya, pemandangan seseorang menenteng kaleng bir di tengah hari bolong, di taman atau di stasiun adalah hal biasa.

Namun kebiasaan ini berakhir maut. Setiap tahunnya, sebanyak 500.000 orang meninggal di Rusia akibat kasus-kasus yang melibatkan alkohol. Termasuk di antaranya sekitar 30.000 kematian di jalan akibat sopir mabuk dan ribuan kasus tewas karena tenggelam. (umi)

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024