"Obelix" Lepas Warga Negara Prancis, Jadi Warga Rusia

Gerard Depardieu dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Reuters/ RIA Novosti/ Alexei Nikolsky

VIVAnews - Aktor Gerard Depardieu mendapat kewarganegaraan Rusia setelah melepaskan kewarganegaraan Prancisnya. Pemeran karakter komik legendaris "Obelix" dalam film "Asterix & Obelix: Mission Cleopatra" itu menghindari upaya penerapan pajak pendapatan 75 persen bagi orang-orang berpenghasilan di atas 1 juta euro di Prancis.

Sabtu 5 Januari 2013, Depardieu dijadwalkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin yang telah menghadiahinya kewarganegaraan itu. Juru bicara Putin, Dmitry Peskov menyatakan keduanya akan bertemu di resor Sochi di Laut Hitam, di mana Putin menghabiskan libur Tahun Baru dan Natal.

Peskov menyatakan, mungkin Putin akan menyerahkan paspor Rusia pada pertemuan itu nanti. "Itu sebuah pertemuan pribadi, kami tak akan mengeluarkan detail lebih lanjut," kata Peskov melalui telepon, seperti dilansir Reuters.

Kamis lalu, Kremlin mengumumkan Depardieu yang juga sudah menjadi warga kehormatan Belgia itu mendapatkan paspor Rusia. Di Rusia, Depardieu menikmati pajak pendapatan rata 13 persen bagi seluruh warga negara.

Depardieu merupakan figur terkenal di Rusia, muncul di beberapa iklan seperti kecap. Dia juga main dalam film mengenai pendeta eksentrik Rusia, Grigory Rasputin.

Paspor Rusia untuk Depardieu ini jelas mengejutkan penentang Putin karena Presiden yang menjabat untuk ketiga kalinya itu bulan lalu mengumumkan akan mencegah upaya orang-orang kaya Rusia menyimpan uangnya di luar negeri. Putin sendiri, dalam jumpa pers 20 Desember, menyatakan memiliki hubungan baik dengan Depardieu meski jarang bertemu.

Rusia sendiri tidak mensyaratkan pemegang kewarganegaraan Rusia melepaskan kewarganegaraan mereka yang lama. Namun peristiwa ini langka karena hampir tak terdengar ada warga Eropa Barat atau Amerika Serikat mendapatkan kewarganegaraan Rusia kecuali mereka punya asal usul dari negeri Vodka itu.

Depardieu sendiri sudah pindah ke Belgia sejak parlemen Prancis mengeluarkan undang-undang pajak orang kaya. Meski Mahkamah Konstitusi Prancis sudah membatalkan aturan itu, Presiden Francois Hollande berkeras akan merancang UU baru untuk menarik pajak lebih banyak pada orang-orang berpenghasilan tinggi.

Perdana Menteri Prancis Jean-Marc Ayrault menyebut langkah Depardieu "menyedihkan" dan "tidak patriotis". Dan Depardieu pun makin uring-uringan. (umi)

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024