Pesawat Boeing 787 Dreamliner Terbakar di Boston

Kebakaran pada pesawat Boeing 787 Dreamliner di Boston, AS
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder

VIVAnews - Pesawat Boeing 787 Dreamliner dari Tokyo mengalami kebakaran pada kabin akibat kerusakan sistem kelistrikan di bandara Logan, Boston, Amerika Serikat. Ini bukan kali pertama insiden menimpa Dreamliner, pesawat yang diklaim paling mumpuni di jajaran Boeing.

Diberitakan USA Today, peristiwa ini terjadi pada pukul 10 pagi saat pesawat baru mendarat pada penerbangan non-stop dari Tokyo, Jepang, Senin waktu setempat. Menurut Matthew Brelis, direktur media untuk Massport, perusahaan pengelola bandara, pesawat itu telah parkir di terminal lima saat insiden terjadi.

Petugas pembersih melihat asap dari kabin. Beruntung saat itu para penumpang dan awak pesawat telah turun. Tidak lama, petugas pemadam berdatangan.

Menurut kepala pemadam Massport, Bob Donahue, kebakaran diduga terjadi akibat baterai pada sistem kelistrikan pesawat meledak saat mesin dimatikan. Namun, penyelidikan tetap dilakukan untuk mencari tahu penyebab pasti kecelakaan. Laporan diperkirakan keluar pada Selasa waktu setempat.

Penyelidikan akan dilakukan oleh Dewan Keamanan Transportasi Nasional AS (NTSB) dengan pihak Boeing. Sementara itu, maskapai Japan Airlines yang menggunakan pesawat itu tidak bisa dikonfirmasi.

Pesawat 787 Dreamliner adalah pesawat terbaru milik Boeing. Pesawat ini disebut sebagai yang paling ringan dan irit bahan bakar, terlebih karena 787 Dreamliner menggunakan tenaga listrik.

Namun, tercatat beberapa kali insiden menimpa Dreamliner. Pada 4 Desember tahun lalu, pesawat jenis ini mendarat darurat di New Orlean pada penerbangan dari Houston menuju Newark karena kerusakan pada generator. Pada 17 Desember lalu, pesawat ini juga mengalami rusak listrik.

Sebelumnya pada 13 Desember 2012, Qatar Airlines menghentikan operasi tiga pesawat Boeing Dreamliner juga karena kerusakan pada sistem listrik. (umi)

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent
Ilustrasi sugar baby bersama sugar daddy.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara

Sugar daddy ini merupakan seorang pria dewasa kaya dan mapan, yang gemar jalin hubungan dengan wanita lebih muda darinya dan senang memenuhi segala kebutuhannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024