Eksekutif Google Datang, Warga Korut Bisa Akses ke Internet

Kunjungan Google ke Korea Utara dan memperhatikan warga mengakses Internet.
Sumber :
  • REUTERS/Kyodo

VIVAnews - Kedatangan eksekutif Google, Eric Schmidt, ke negara dengan akses internet paling terbatas di dunia, Korea Utara, membawa berkah bagi mahasiswa setempat. Biasanya para mahasiswa di negara komunis ini tidak dapat mengakses Google, tapi saat 'menyambut' kedatangan Schmidt, mahasiswa dapat mengakses Google.

Kesempatan langka ini terjadi saat delegasi Schmidt mengunjungi laboratorium komputer Kim Il Sung University di Pyongyang pada Selasa waktu setempat. Di dalam laboratorium ini, dilengkapi dengan desktop HP, milik diktator Kim Jong Il yang telah meninggal.

Menurut CBS News, saat kunjungan delegasi Schmidt ke universitas tersebut, seorang mahasiswa unjuk kebolehan surfing web di depan Schmidt dan seluruh delegasi.

Seperti dilansir dari Mashable, tentu aksi ini menarik perhatian para delegasi. Kemudian, salah satu anggora delegasi, Jared Cohen yang merupakan Direktur Google Ideas menanyakan kepada mahasiswa tersebut,  cara mencari informasi. Sang mahasiswa dengan sigap segera mengakses ke Google.com dalam browsernya.

Meskipun aksi mahasiswa tersebut dipublikaskan, akses internet di Korea Utara sebenarnya terbatas pada segelintir orang. Sebagian besar warga memiliki akses ke intranet yang dikelola oleh pemerintah. Akses pun sangat terbatas kepada konten-konten yang dikelola oleh rezim Kim Jong-Un, tanpa terhubung dengan akses web ke seluruh dunia.

Rumor yang berkembang menunjukkan rezim Korea Utara mungkin bersedia melunak soal akses internet yang ketat.

"Kami akan mulai memiliki akses internet segera," kata Ryu Sun Ryol, kepala e-library Kim Chaek University e-library dalam sebuah wawancara bulan lalu seperti yang dilaporkan CBS News.

Pada Universitas ini, mahasiswa yang ingin mengakses internet di kampus sebelumnya mendaftarkan diri untuk perizinan dan mengajukan permohonan permintaan akses riset online.

Schmidt berkunjung ke Korea Utara dalam tajuk yang dilabeli perjalanan pribadi. Dalam delegasi ini, bos Google tersebut didampingi mantan Gubernur New Mexico, Bill Richardson, juga petinggi Google lain Jared Cohen.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan
Anak tantrum.

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Orang tua tidak perlu khawatir karena tantrum anak adalah hal yang wajar. Orang tua dapat mengatasi tantrum anak dengan benar melalui identifikasi jenis tantrum.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024