Sekjen Baru: ASEAN Rasakan Dampak Positif Perdagangan Bebas

Serah terima Sekjen ASEAN di Jakarta 9 Januari 2013
Sumber :
  • ASEAN Secretariat 2013 / Afi Wicaksono

VIVAnews - Sekretaris Jenderal baru ASEAN, Le Luong Minh, mencatat beberapa perkembangan penting sehingga membuat Asia Tenggara menjadi salah satu penggerak utama ekonomi global saat ini. Namun, dia mengingatkan sepuluh negara anggotanya harus mengantisipasi beragamnya tantangan dan peluang saat perdagangan dan investasi dunia semakin terbuka.

Minh mengutarakan penilaiannya dalam acara serah terima jabatan Sekretaris Jenderal dari pendahulunya, Surin Pitsuwan, di Jakarta hari ini. Disaksikan para diplomat negara-negara mitra, acara itu juga dihadiri Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, sebagai wakil pemerintah tuan rumah Sekretariat ASEAN.

Di pilar ekonomi, Sekjen Minh mencatat bahwa ASEAN dalam tiga tahun terakhir telah mencapai beberapa raihan dalam menerapkan perdagangan bebas di kawasan. "Salah satunya adalah menjamin bebasnya aliran barang di dalam kawasan dengan pengurangan bea masuk hingga nol di enam negara anggota," kata Minh.

Selain itu, lanjut dia, perdagangan bebas ASEAN juga berhasil meningkatkan volume perdagangan intra-kawasan Asia Tenggara menjadi 25,4% pada 2012. "Juga diberlakukan liberalisasi secara komprehensif dan penghapusan hambatan-hambatan non-tarif, fasilitasi perdagangan, bea cukai, integrasi, dan penerapan standar untuk memfasilitasi bebasnya aliran barang ke kawasan," kata mantan deputi menteri luar negeri Vietnam itu.

Namun, dengan makin dekatnya era integrasi ekonomi kawasan - yaitu Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 - yang tinggal dua tahun lagi, Minh mengingatkan tantangannya sangat besar. "Makin terbukanya aliran investasi, modal, tenaga kerja, barang dan jasa, maka akan makin beragam pula tantangan dan peluang bagi semua negara anggota. Ini bakal mendatangkan dampak beragam bagi kawasan," kata Minh.

Maka, untuk menyiasatinya, dia meminta semua anggota ASEAN untuk memaksimalkan sikap-sikap bersama serta meminimalisir semua perbedaan. "Ini demi menambah nilai bagi setiap anggota ASEAN," kata Minh.    

Sementara itu, Menlu Natalegawa meminta semua anggota ASEAN makin giat mempersiapkan integrasi ekonomi, yang akan dimulai pada 2015. "Dunia sudah menaruh perhatian kepada ASEAN. Maka semua anggota diharapkan bisa lebih siap menerapkan Komunitas Ekonomi ASEAN dan dampak dari isu global," kata Natalegawa.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024