DUNIA

FOTO: Kumbh Mela, Festival Mandi Bersama di Sungai Gangga

Umat Hindu meyakini mandi di sungai ini bisa menghapuskan dosa.

ddd
Selasa, 15 Januari 2013, 11:58
Festival Kumbh Mela di India
Festival Kumbh Mela di India (REUTERS/Jitendra Prakash)

VIVAnews - Jutaan umat Hindu di India memadati tiga sungai yang dianggap suci, yaitu Gangga, Yamuna dan Saraswati, dalam perayaan Kumh Mela. Dilakukan ritual Shashi Snan atau mandi bersama yang mereka yakini dapat menghapuskan dosa seumur hidup.

Diberitakan Reuters, paling padat adalah festival yang digelar di kota Allahabad. Sekitar 1,5 juta orang memadati kota tersebut untuk membasuh tubuh mereka dalam festival sekali setiap 12 tahun tersebut. Diyakini, tempat itu adalah pertemuan antara sungai Gangga dan Yamuna dengan aliran sungai mistis.

Orang-orang suci India atau sadhu berdatangan dari seluruh negeri ke tempat ini. Mereka berambut gimbal, berwajah putih dilumuri abu, sembari telanjang berlari menerjang air Gangga yang kecoklatan.

Mandi bersama dilakukan sekitar pukul 8, Senin , 14 Januari 2013. Umat Hindu India meyakini saat itu seluruh planet berada sejajar, sehingga memancarkan energi ke bumi.

Festival ini didasarkan pada sebuah dongeng Hindu. Dikatakan bahwa saat itu Dewa Wisnu berkelahi dengan iblis memperebutkan guci berisi nektar keabadian. Setelah 12 hari berkelahi, empat tetes nektas jatuh ke bumi, tepatnya di kota Allahabad, Haridwar, Ujain dan Nasik.

Lebih dari 2.000 tahun, festival ini menjadi ajang pertemuan sadhu India. Mereka tinggal di gua-gua Himalaya atau hutan-hutan di India.

Fotonya bisa dilihat di tautan ini. (sj)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com