UGM Kirim Puluhan Relawan Banjir Jakarta

Rektor UGM resmikan pembangunan Kampus Jakarta pada Maret 2009
Sumber :
  • www.dikti.go.id

VIVAnews - Banjir masih menggenangi Ibu Kota Jakarta, meski beberapa lokasi sudah mulai surut. Dari Yogyakarta, 30 relawan dari Universitas Gadjah Mada berangkat ke Jakarta sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir dan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat yang sedang dilanda bencana.

Pemberangkatan tim relawan UGM ini dilakukan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Dr. Suratman, M.Sc, dari kantor Disaster Response Unit UGM. Tim relawan UGM yang dikirim ini antara lain terdiri atas DERU, unit selam, pramuka, resimen mahasiswa, Fakultas Geografi, dokter, dan perawat dari Fakultas Kedokteran, serta Kedokteran Hewan.

Dalam sambutannya, Prof. Suratman menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan UGM terhadap bencana banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta. “Kegiatan yang juga melibatkan Kagama ini juga sejalan dengan visi dan misi UGM,” kata Suratman.

Menurut Suratman, tim relawan UGM ini nantinya akan fokus pada pemberian bantuan berupa logistik, kemanusiaan, serta kesehatan kepada masyarakat maupun pada hewan ternak. “Penekanannya pada community, komunikasi, dan kartografi (pemetaan),” katanya.

Sementara itu, Manajer DERU UGM, Slamet Widiyanto, mengatakan, tim relawan UGM peduli banjir Jakarta ini akan diterjunkan selama masa tanggap darurat hingga 27 Januari 2013. Selama di Jakarta, tim relawan UGM akan mendirikan posko UGM Peduli Jakarta yang berada di kantor Kecamatan Pademangan, Jalan Budi Mulia 1, Pademangan, Jakarta Utara.

“Posko utama ada di UGM Kampus Jakarta dan bersama Kagama DKI, kami buka posko di Kecamatan Pademangan,” kata Slamet.

Untuk penyaluran bantuan bisa melalui rekening UGM Peduli Bencana, atas nama Rektor UGM di Bank Mandiri dengan nomor rekening 137.0000.767.778. Sementara itu, untuk bantuan berupa barang dapat disampaikan melalui Posko Peduli Bencana DERU UGM Bulaksumur Blok D7, Yogyakarta 55281 dan Posko Peduli Jakarta UGM Kantor Kecamatan Pademangan Jalan Budi Mulia 1, Pademangan, Jakarta Utara. (art)

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok
Kisah

Kronologi Kematian Fat Cat, Kisah Cinta Seorang Gamer Muda yang Berakhir Tragis di China

Kisah "Fat Cat" merujuk pada kisah cinta yang berakhir tragis dari seorang gamer muda di China bernama Pang Mao atau juga dikenal dengan sebutan Fat Cat.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024