India Antusias Genjot Bisnis Sektor Kimia dengan Indonesia

Pertemuan misi dagang India dan pebisnis Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • Indian Embassy Jakarta

VIVAnews - India mengirim misi dagang beranggotakan 50 orang perwakilan di sektor industri kimia ke Jakarta. Mereka mencari peluang-peluang bisnis dan membuka kerjasama penanaman modal dengan industri kimia Indonesia.

Kedutaan Besar India mengungkapkan, hari ini misi dagang sektor industri kimia yang tergabung dalam CHEMEXCIL itu mengikuti acara "Buyer Seller Meet" di Jakarta. Acara itu mempertemukan mereka dengan para perwakilan dari lebih 100 perusahaan asal Indonesia untuk bernegosiasi kesepakatan-kesepakatan bisnis.

Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, mengatakan para pengusaha asal negaranya memang tengah gencar mencari peluang investasi di negeri ini. "Saat India memiliki industri yang beragam di sektor kimia, perusahaan-perusahaan Indonesia bisa mengambil manfaat dalam menjalin hubungan dengan mereka," kata Singh dalam pernyataan tertulis kepada VIVAnews.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, kerjasama bilateral di sektor kimia telah meningkat. Namun, Dubes Singh menilai bahwa ekspor kimia India ke Indonesia masih belum sepadan dengan kekuatan industri di negeri ini dan masih banyak potensi yang harus digali.

"Produk-produk ekspor kimia asal India telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam dua tahun terakhir. Nilainya bertambah dari US$377 juta periode 2009/10 menjadi US$873 juta di periode 2011/12," kata Singh.

Sementara itu, Ketua CHEMEXCIL, Satish Wagh, mengingatkan bahwa Indonesia merupakan mitra dagang kedua terbesar bagi India di ASEAN. "Kerjasama industri kimia meningkat paling pesat," kata Wagh.   

Mewakili tuan rumah, Irwan Hutasoit sebagai Deputi Ketua KADIN Jakarta dan Ida bagus Agra Kusuma dari FIKI menyambut baik inisiatif CHEMEXCIL dalam memilih Indonesia sebagai tujuan misi dagang mereka, meski Jakarta sedang dilanda masalah banjir. India pun diharapkan bisa menjadi salah satu mitra dagang dan investasi utama bagi Indonesia. (umi)

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024