Anonymous Balas Dendam Kematian Hacker

Hacker Anonymous
Sumber :

VIVAnews - Kelompok hacker Anonymous menyerang situs Komisi Vonis Amerika Serikat dan mengancam akan menyebarkan data-data pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai balas dendam kematian Aaron Swartz, hacker yang bunuh diri awal bulan ini.

Diberitakan Herald Sun, Minggu 27 Januari 2013, peretasan situs itu terjadi pada Sabtu pagi waktu setempat. Anonymous mengancam akan membocorkan kode enskripsi dokumen-dokumen Komisi Vonis AS yang dikatakan akan membuat malu para hakim dan pegawai federal lainnya.

Anonymous mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk protes atas vonis yang menurut mereka salah. Swartz divonis 35 tahun penjara dan denda US$1 juta karena membobol jaringan kampus terkemuka di Massachusetts, yaitu Massachusetts Institute of Technology.

Swartz lalu mengunduh jutaan artikel jurnal akademis yang rencananya akan disebarkan secara gratis. Dia lalu ditemukan gantung diri di apartemennya pada awal Januari tahun ini.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Pria 26 tahun dikenal sebagai pemuda jenius yang pada usianya yang ke-14, dia berhasil mengembangkan RSS feeds yang kini menjadi norma untuk penerbitan online. Karyanya ini juga digunakan untuk meluncurkan situs Reddit.

"Karena campur tangan FBI dan taktik perangkapnya, beberapa saudara kami sekarang menghadapi pengadilan yang tidak imbang, hidup mereka kini bergantung pada sistem keadilan yang rusak," tulis Anonymous dalam videonya di Youtube.

Para hacker ini mengatakan mereka juga telah menembus jaringan komputer pemerintah AS dan menyalin data-data rahasia, siap untuk disebarkan.

FBI mengatakan bahwa mereka saat ini tengah menyelidiki penyerangan tersebut. "Kami menanggapi sesaat setelah kejahatan ini terjadi dan ditangani oleh bagian investigas kriminal," kata Richard McFeely, dari bagian Kriminal Siber.

Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024