Iran Berhasil Bongkar Rekaman dalam Drone AS

Rekaman dalam drone AS yang dipublikasikan Iran
Sumber :
  • REUTERS/Al-Alam TV via Reuters TV
VIVAnews -
Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi
Pemerintah Iran mempublikasikan video rekaman yang berhasil mereka bongkar dari dalam pesawat mata-mata nirawak (drone) milik Amerika Serikat. Drone ini mereka tangkap saat memasuki wilayah Iran 2011 lalu.

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

Rekaman hitam-putih itu dipublikasikan di stasiun televisi Iran pada Rabu malam. Suara dalam rekaman, Komandan Garda Revolusi Iran untuk Angkatan Udara, Amir Ali Hajizadeh, mengatakan bahwa gambar dalam rekaman menunjukkan pangkalan militer AS di Afganistan dan beberapa gambar-gambar udara lainnya.
Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor


"Setelah kami berhasil mengenskripsi data, kami menyadari bahwa pesawat ini telah melakukan banyak penerbangan di atas negara-negara regional, dan terlibat pertempuran di Pakistan," kata Haijzadeh, diberitakan
Reuters
yang mengutip
Mehr
, Kamis 7 Februari 2013.


Drone jenis RQ-170 ini tertangkap di wilayah udara timur Iran pada Desember 2011 lalu. AS mengkonfirmasi bahwa ada satu drone mereka yang bertugas di Afganistan telah hilang.


Usai penangkapan itu, pasukan udara Iran bersiaga pada kemungkinan AS berusaha menghancurkan barang bukti di dalam drone. "Kami menempatkan basis rudal kami dalam posisi siaga. Jika ada pergerakan, maka kami akan mengebom pangkalan militer mereka di regional ini," kata Hajizadeh.


Belum dapat dikonfirmasi apakah benar rekaman itu asli dari dalam drone atau tidak. Namun, pemerintah Iran mengklaim telah berhasil membuka data-data dari dalam drone. Iran juga berhasil mencontek teknologi canggih pesawat tersebut dan memproduksi drone serupa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya