DUNIA

Iran Berhasil Bongkar Rekaman dalam Drone AS

Drone canggih AS itu dijatuhkan Iran pada 2011 lalu.

ddd
Jum'at, 8 Februari 2013, 11:09
Rekaman dalam drone AS yang dipublikasikan Iran
Rekaman dalam drone AS yang dipublikasikan Iran (REUTERS/Al-Alam TV via Reuters TV )
VIVAnews - Pemerintah Iran mempublikasikan video rekaman yang berhasil mereka bongkar dari dalam pesawat mata-mata nirawak (drone) milik Amerika Serikat. Drone ini mereka tangkap saat memasuki wilayah Iran 2011 lalu.

Rekaman hitam-putih itu dipublikasikan di stasiun televisi Iran pada Rabu malam. Suara dalam rekaman, Komandan Garda Revolusi Iran untuk Angkatan Udara, Amir Ali Hajizadeh, mengatakan bahwa gambar dalam rekaman menunjukkan pangkalan militer AS di Afganistan dan beberapa gambar-gambar udara lainnya.

"Setelah kami berhasil mengenskripsi data, kami menyadari bahwa pesawat ini telah melakukan banyak penerbangan di atas negara-negara regional, dan terlibat pertempuran di Pakistan," kata Haijzadeh, diberitakan Reuters yang mengutip Mehr, Kamis 7 Februari 2013.

Drone jenis RQ-170 ini tertangkap di wilayah udara timur Iran pada Desember 2011 lalu. AS mengkonfirmasi bahwa ada satu drone mereka yang bertugas di Afganistan telah hilang.

Usai penangkapan itu, pasukan udara Iran bersiaga pada kemungkinan AS berusaha menghancurkan barang bukti di dalam drone. "Kami menempatkan basis rudal kami dalam posisi siaga. Jika ada pergerakan, maka kami akan mengebom pangkalan militer mereka di regional ini," kata Hajizadeh.

Belum dapat dikonfirmasi apakah benar rekaman itu asli dari dalam drone atau tidak. Namun, pemerintah Iran mengklaim telah berhasil membuka data-data dari dalam drone. Iran juga berhasil mencontek teknologi canggih pesawat tersebut dan memproduksi drone serupa.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
byu27
09/02/2013
"mengenskripsi data"? Bukankah itu berarti mengacak data? Bukan terbaca, justru semakin kacau. Kalau "mengdekripsi data" justru bermakna sebaliknya. Waduh! Satu lagi artikel Vivanews yang asal ketik tanpa baca.
Balas   • Laporkan
nebraska73
08/02/2013
TAQIYYA!
Balas   • Laporkan
kenapaharusrepot
08/02/2013
bentar lagi nasibmu akan seperti negara tetanggamu irak, hancur lebur, pemimpinnya digantung........:)
Balas   • Laporkan
weja
08/02/2013
Canggih banget IRAN
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com