Vatikan: Paus Benediktus XVI Mundur karena Usia Senja

Paus Benediktus XVI saat berjalan dengan bantuan asisten
Sumber :
  • REUTERS/Tony Gentile/Files
VIVAnews
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara
- Paus Benediktus XVI hari ini secara mengejutkan mengumumkan pengunduran diri sebagai pemimpin umat Katolik sedunia, yang akan berlaku pada akhir Februari mendatang. Namun, Otoritas Gereja Katolik di Vatikan menegaskan bahwa sikap Paus Bendediktus ini bukan akibat ada tekanan dari pihak manapun.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Demikian ungkap juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, seperti dikutip kantor berita Reuters. Lombardi juga menyatakan bahwa pengunduran diri rohaniwan asal Jerman itu bukan karena sakit, melainkan karena dia merasa sudah tidak mampu lagi untuk memimpin mengingat usianya sudah terbilang sangat senja, 85 tahun.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen


Menurut Lombardi, normal bila manusia sudah kehilangan kekuatan tubuhnya secara signifikan bila sudah di usia demikian. "Dalam beberapa bulan terakhir, tenaga beliau sudah terlihat sangat rapuh, baik fisik dan semangatnya," kata Lombardi kepada para wartawan.


"Pengunduran ini merupakan keputusan pribadi, yang sepenuhnya diambil secara bebas sehingga patut dihormati secara penuh," lanjut Lombardi. 


Benediktus memimpin Vatikan sejak delapan tahun lalu saat menggantikan Paus Yohanes Paulus II, yang meninggal dunia di usia 84 tahun pada 2 April 2005. Paus Yohanes Paulus II wafat setelah menderita berbagai masalah kesehatan, termasuk kondisi jantung. (adi)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya