Polisi Rusia Sita Pecahan Meteorit yang Dijual Warga

Polisi Rusia menjaga lokasi yang diduga tempat mendaratnya meteor
Sumber :
  • REUTERS/Chelyabinsk region Interior Ministry/Handout
VIVAnews
Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana
- Polisi wilayah Chelyabinsk, Rusia, menyita sebuah benda yang diduga sebagai serpihan meteorit dari seorang pria lokal yang berusaha menjualnya secara
online
Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah
.
BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN

"Warga Chelyabinsk, kelahiran 1984, mencoba menjual suatu zat seberat 60 gram yang ditulis sebagai pecahan meteorit," kata Juru Bicara Polisi wilayah Chelyabinsk, Anzhelika Chirkova, seperti dikutip
RIA Novosti
, Selasa 19 Februari 2013.


Chirkova mengatakan, zat yang disita itu telah dikirim ke pihak berwenang untuk diteliti kandungan komposisinya dan kemungkinan risiko yang dapat ditimbulkan terhadap kesehatan. Polisi melarang siapa pun menjual dan membeli zat-zat yang diduga berasal dari pecahan meteorit itu, selain karena komposisi zat dan asalnya belum diketahui, benda-benda itu dijual tanpa izin atau sertifikat.


Sebelumnya, para ilmuan menyatakan telah menemukan pecahan-pecahan meteorit yang menghantam wilayah Ural, Rusia, pada Jumat pekan lalu. Namun, penegak hukum setempat belum mengeluarkan pernyataan secara resmi terkait kabar penemuan itu.


Meski demikian, menurut polisi setempat, sejak Senin kemarin sejumlah orang telah menawarkan benda-benda yang diklaim sebagai serpihan meteorit dengan harga berkisar antara US$330 hingga US$16.600. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya