Tentara Malaysia Bersiap Menyerbu Pasukan Sulu

Pasukan Malaysia mengepung desa di Sabah yang dikuasai Kesultanan Sulu
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad
VIVAnews -
Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Tentara Malaysia yang mengepung pasukan Sulu di Lahad Datu, Sabah, telah mendapatkan lampu hijau untuk masuk dan menyerbu. Langkah ini dinilai cara paling tepat untuk mengusir orang-orang dari Kesultanan Sulu itu dari wilayah mereka.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Diberitakan
Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
The Star , Selasa 26 Februari 2013, lampu hijau ini diberikan setelah pemimpin orang-orang Sulu yang menduduki desa Tanduao, Azzimudie, yang juga adik dari Sultan Sulu Jamalul Kiram III, bersumpah akan menuntut hak mereka sampai mati. Mereka meminta wilayah Sabah dikembalikan pada mereka, berdasarkan klaim historis dan nenek moyang.


Kepala polisi Sabah, Komandan Datuk Hamza, mengatakan mereka akan menyerbu masuk dan melucuti orang-orang Sulu yang diduga bersenjata. "Kami tinggal menunggu waktu yang tepat untuk bertindak," kata dia setelah melakukan rapat dua jam bersama jenderal angkatan darat, laut, dan kepolisian Malaysia.


Namun diharapkan opsi penyerbuan tidak benar-benar terjadi. Dalam 48 jam ke depan, akan menjadi saat-saat krusial bagi pemerintahan Malaysia dan Filipina dalam membujuk Azzimuddie agar hengkang dari Sabah. Selama ini, mereka telah menggunakan perantara keluarga dan pemerintah, namun masih belum berhasil.


Helikopter polisi juga telah menyebar ratusan leaflet ke desa Tanduao yang berisikan anjuran untuk segera menyerah dan meninggalkan wilayah itu dengan damai. Hamza mengatakan bahwa sejauh ini mereka telah menahan lima orang yang diduga terlibat pendudukan untuk dimintai keterangan.


Minggu lalu, sempat terdengar tembakan dari dalam desa. Pihak Malaysia belum bisa memastikan dari mana persisnya tembakan itu berasal. Malaysia juga membantah rumor yang mengatakan bahwa sudah ada dua orang yang tewas.


Dari jarak sekitar 500 meter, pasukan Malaysia mengepung desa tersebut, baik di darat dan di laut. Mereka juga memblokade pintu masuk sehingga pasokan makanan bagi pasukan Sulu semakin menipis.


Sementara itu, kapal perang Filipina yang berangkat dari Bongoa di Tawi Minggu lalu telah berada di perairan dekat Lahad Datu. Kapal ini diturunkan untuk menjemput orang-orang Sulu dan memberikan bantuan medis bagi mereka yang terluka. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya