IKEA Eropa Tarik Produk Bakso Mengandung Daging Kuda

IKEA
Sumber :
  • REUTERS/Johannes Cleris/Scanpix
VIVAnews -
Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Perusahaan perabotan rumah tangga terbesar dunia, IKEA, menarik seluruh produk baksonya di Eropa setelah ditemukan ada yang mengandung daging kuda. Kasus ini menambah panjang daftar kontaminasi daging kuda di Eropa.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Diberitakan
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Reuters , kandungan daging kuda ditemukan pada produk bakso sapi dan babi di kantin IKEA Republik Ceko setelah dilakukan tes DNA pada Senin 25 Februari 2013. IKEA mengatakan akan menarik seluruh bakso itu dari cabang-cabang mereka di Eropa.


Bakso merupakan penganan favorit Swedia yang biasa disajikan dengan kentang tumbuk dan selai. Produk ini telah menjadi makanan khas di kantin-kantin IKEA. Sebagian besar bakso ini dibuat oleh perusahaan daging Familjen Dafgard di Swedia.


Menanggapi temuan ini, Familjen Dafgard mengatakan akan melakukan penyelidikan dan pengujian dalam beberapa hari ke depan.


Penarikan ini tidak berpengaruh pada produk bakso di Norwegia, Rusia, Swiss dan Polandia yang diproduksi oleh perusahaan lain. Cabang IKEA lainnya di Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Jepang juga tidak terpengaruh.


Skandal daging kuda di Eropa menyeruak bulan lalu di Irlandia saat ditemukannya produk yang dilabeli sapi namun ternyata bercampur daging kuda. Kontaminasi daging kuda juga ditemukan di Inggris, Portugal, Belanda, Belgia, Slovakia, Hungaria, Prancis, Italia, Spanyol, Yunani, Cyprus dan Irlandia. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya