Perang Malaysia Vs Kesultanan Sulu, 14 Tewas

Pasukan Malaysia mengepung desa di Sabah yang dikuasai Kesultanan Sulu
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad
VIVAnews
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
- Baku tembak antara tentara Malaysia dengan pasukan Kesultanan Sulu Filipina di Lahad Datu, Sabah, terus bertambah. Laman
BBC
Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
, Jumat 1 Maret 2013, melaporkan setidaknya ada 14 orang tewas akibat pertempuran itu.
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Kepala Polisi Sabah Hamza Taib mengatakan, dari 14 korban tewas itu, dua di antaranya adalah polisi Malaysia. Sementara, 12 korban lainnya merupakan pasukan Kesultanan Sulu.


Hamza Taib mengatakan, baku tembak telah berlangsung selama 30 menit pada Jumat pagi waktu setempat. Dia mengklaim saat itu lima anggota pasukan Sulu melepaskan tembakan terlebih dulu saat tentara Malaysia mengetatkan pengepungan di Lahad Datu.


"Kami tidak ingin menangkap mereka, namun mereka menembak ke arah kami. Kami tidak punya pilihan kecuali membalas tembakan tersebut," kata Hamza Taib.


Hingga kini masih simpang siur penyebab terjadinya baku tembak ini. Pimpinan pasukan Kesultanan Sulu Agbimuddin Kiram mengatakan, polisi Malaysia lah yang mula-mula melepaskan tembakan.


"Mereka (polisi Malaysia) di sini, mereka memasuki wilayah kami sehingga kami mempertahankan diri. Tiba-tiba ada tembakan," kata Kiram. "Kami dikepung. Kami akan mempertahankan diri," dia menambahkan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya