DUNIA

Atasi Krisis, Mesir Akan Lelang Piramida & Patung Sphinx

Qatar disebut berminat untuk mengelola beberapa aset historis itu.
Sabtu, 2 Maret 2013
Oleh : Aries Setiawan, Santi Dewi
Piramida Giza di Kairo
VIVAnews - Kementerian Keuangan Mesir mengirimkan sebuah proposal kepada Kementerian Purbakala yang berisi usulan untuk menyewakan beberapa bangunan seperti piramida, kepada badan pariwisata internasional.

Ide ini dianggap tepat sebagai solusi cepat untuk mendapatkan pemasukan tambahan yang dibutuhkan Pemerintah Mesir dalam mengatasi krisis keuangan yang tengah mereka hadapi.

Dilansir laman Al Arabiya, pengajuan proposal tersebut kini menjadi isu yang hangat diperbincangkan di sana. Menurut rumor yang beredar, Pemerintah Qatar disebut-sebut telah berminat untuk mengelola beberapa aset historis milik Mesir selama lima tahun ke depan.

Sebagai imbalannya, Mesir akan memperoleh pemasukan senilai US$200 miliar yang dianggap cukup untuk membayar utang negara dan mengatasi krisis ekonomi.

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konsitutsi Purbakala Mesir, Adel Abdel Sattar, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi lokal Mesir, membenarkan bahwa Kementerian Purbakala telah menerima proposal tersebut.

"Saya terkejut di akhir Januari lalu ketika Kementerian Keuangan mengirimkan proposal. Proposal itu menurut mereka atas usulan seorang intelektual Mesir, Abdallah Mahfouz, yang menawarkan pelelangan publik atas hak pengelolaan beberapa situs Mesir yang terkenal kepada badan pariwisata internasional," ujar Adel seperti dikutip Al Arabiya.

Menurutnya, di dalam proposal itu terpapar beberapa monumen yang diusulkan untuk disewakan antara lain, Piramida Giza, patung Sphinx, Kuil Abu Simpel dan beberapa kuil Luxor.

Namun proposal itu ditolak oleh Kementerian Purbakala setelah melakukan pertemuan dengan Mahkamah Konstitusi Purbakala dan Kementerian Dalam Negeri.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found