John Brennan Terpilih Jadi Direktur Baru CIA

John Brennan, calon ketua CIA
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVAnews
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
– Senator Kongres Amerika Serikat akhirnya sepakat memilih John Brennan sebagai direktur baru
Central Intelligence Agency
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
(CIA) menggantikan David Petraeus yang mundur November 2012. Brennan merupakan penasihat bidang terorisme kepercayaan Presiden Barack Obama.
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Brennan terpilih setelah berhasil meraih 63 suara dari Partai Republik dan Partai Demokrat, Kamis waktu setempat. Proses pemungutan suara untuk memilih Brennan terpaksa dilakukan setelah Senator Rand Paul mencecar Brennan mengenai legitimasi perintah serangan pesawat tanpa awak terhadap rakyat AS.


Dalam pidato yang dia paparkan selama 13 jam, Paul bersikeras meminta dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Gedung Putih sebagai dasar hukum atas penggunaan pesawat tanpa awak dalam serangan terhadap tentara anti-militan di luar negeri yang ikut melukai rakyat AS sendiri.


Seperti dilansir kantor berita
BBC
, Kamis 7 Maret 2013, Paul meminta Presiden Obama bersumpah jika Direktur CIA yang baru terpilih tidak akan pernah menggunakan fasilitas militer berupa pesawat tanpa awak untuk membunuh rakyat AS sendiri.


Presiden Barack Obama pun menyambut positif terpilihnya Brennan sebagai pimpinan baru agen mata-mata terdepan AS itu. Dia yakin di bawah kepemimpinan Brennan, CIA akan semakin gemilang.


“Dengan pengalaman John selama 25 tahun di badan tersebut, agen-agen CIA kita yang luar biasa akan dipimpin oleh salah satu dari kalangan mereka sendiri. Selain itu, dengan adanya konfirmasi dari kedua partai atas pemilihan John Brennan sebagai pimpinan baru CIA, maka artinya senat telah mengakui kualitas teratas dan nilai yang dia miliki,” ujar Obama. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya