Menantu Chavez Jadi Wakil Presiden Venezuela

Hugo Chaves Wafat Rakyat Venezuela Berduka
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Setelah diambil sumpah sebagai pejabat Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengangkat Jorge Arreaza, menantu presiden terdahulu Hugo Chavez, sebagai wakil presiden. Maduro lalu pergi ke markas militer di mana lebih dari dua juta orang memberikan penghormatan terakhir pada mendiang Hugo Chavez.

Maduro diambil sumpah pada Jumat 8 Maret 2013. Dalam pidatonya setelah pengambilan sumpah, mantan sopir bus dan pimpinan serikat buruh itu mendesak komisi Pemilu segera menggelar Pemilihan Presiden.

"Saya meminta berkaitan dengan kewajiban hukum dan konstitusi untuk segera menggelar pemilihan," kata Maduro yang berusia 50 tahun itu. Konstitusi sendiri mengatur, pemilihan harus dilakukan dalam 30 hari.

Pemilihan Presiden yang disegerakan jelas akan menguntungkan Maduro karena memanfaatkan momen rakyat yang berduka setelah kepergian Chavez yang mengubah peta politik Venezuela itu. Survei pun membuktikan Maduro bisa menang mudah.

Sementara Mahkamah Agung sendiri telah memutuskan, Maduro tak perlu mundur jika mencalonkan diri di Pemilihan Presiden nanti. Jelas saja, oposisi menanggapi putusan itu sebagai "pelanggaran".

"Ini tak pernah ada presedennya dalam sejarah republik," kata anggota DPR dari kubu oposisi, Maria Corina Machado di Twitter.

"Hari ini, di hari berduka, Mahkamah Agung mengeluarkan putusan ayat politik, sebuah kesalahan," kata pemimpin oposisi Henrique Capriles yang kalah dalam Pemilihan Presiden Oktober 2012 lalu dan diprediksi akan melawan Maduro nanti. "Menjadi presiden, rakyat harus memilihmu. Tak ada yang memilih Nicolas presiden," katanya. (eh)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024