Kini Giliran AS yang Usir Diplomat Venezuela

Gedung Putih
Sumber :
  • Wikipedia/Matt H. Wade
VIVAnews -
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ketegangan diplomatik antara Amerika Serikat dan Venezuela masih terus terjadi pasca mangkatnya Hugo Chavez. Kondisi ini berujung pada saling usir diplomat dari negara masing-masing.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Sebelumnya, Venezuela mengusir dua diplomat AS di Kedutaan Besar AS Caracas setelah dinilai menyebarkan propaganda atau terlibat aktivitas mata-mata. Sebagai balasan, kini giliran AS yang mengusir dua diplomat Venezuela yaitu Orlando Jose Montanez Olivares dan Victor Camacaro Mata.
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024


Kedua diplomat yang bekerja di Konsulat Jenderal Venezuela New York dan Kedubes Venezuela di Washington ini dinyatakan sebagai
personae non gratae
atau orang yang tidak diinginkan. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan bahwa kedua orang ini diperintahkan hengkang dari dari AS secepatnya.


"Di seluruh dunia, ketika warga kami diusir secara tidak adil, kami akan melakukan langkah yang sama. Kami melakukannya untuk melindungi warga kami," kata Nuland.


Nuland mengatakan, pasca kematian Chavez, AS menjadi sasaran tuduhan-tuduhan Venezuela. Di antaranya, Venezuela menuduh AS telah memicu kanker yang membunuh Chavez. Kematian Chavez menurut Nuland, akan menjadi babak baru yang akan mengubah kerja sama AS dan Venezuela selamanya.


"Ada pekerjaan yang bisa kita lakukan bersama, terutama di bidang pemberantasan terorisme, narkotika, ekonomi, dan energi, tapi perlu adanya perubahan pandangan dari Caracas," kata Nuland. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya