Australia Dukung Program Pertukaran Jurnalis dengan RI

Dubes Australia Greg Moriarty (tengah) bersama jurnalis RI dan Australia
Sumber :
  • VIVAnews/ Desy Afrianti
VIVAnews -
5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, mengatakan bahwa pemerintahnya mendukung peningkatan hubungan antarwarga dengan Indonesia. Salah satu upayanya adalah rutin menyelenggarakan program pertukaran jurnalis dari Indonesia dan Australia untuk saling kunjung.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

"Meningkatkan pemahaman antarwarga itu termasuk elemen penting bagi hubungan kedua negara. Maka, sejak 2007 Pemerintah Australia menyelenggarakan program pertukaran jurnalis bernama Elizabeth O'Neill Journalism Award," kata Moriarty di kediamannya di Jakarta Rabu malam.
Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun


Setiap tahun, seorang jurnalis dari Indonesia dan Australia mendapat anugerah Elizabeth O'Neill Journalism Award. Untuk anugerah tahun 2012, Indonesia diwakili oleh jurnalis
VIVAnews
, Renne Kawilarang, dan Australia diwakili Amy Bainbridge, wartawati stasiun televisi
ABC News & Current Affairs.


Sebagai bentuk penghargaan, kedua jurnalis ini saling kunjung. Renne berkesempatan untuk mengunjungi Australia selama dua pekan. Begitu pula dengan Amy, yang mengunjungi Indonesia untuk periode yang sama.


"Kami sangat senang dapat menerima kehadiran dua pemenang penghargaan, Renne dan Amy di sini. Penghargaan ini diberikan untuk menghormati Elizabeth O'Neill, yang sangat berdedikasi di bidang jurnalistik lalu melanjutkan kariernya sebagai diplomat. Dia percaya media sangat berperan dalam membangun hubungan di antara negara, khususnya hubungan antara Australia-Indonesia," ujar Moriarty di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, pada Rabu 20 Maret 2013.


Masih menurut Moriarty, dirinya mengaku senang, karena kedua jurnalis dari kedua negara yang terpilih sebagai penerima penghargaan bersungguh-sungguh untuk mengenal lebih dalam kedua negara.


"Mereka telah berperan aktif dengan berkontribusi dalam peningkatan kualitas jurnalistik dan diskusi mengenai hubungan kedua negara," lanjut diplomat yang pernah bertugas sebagai Duta Besar Australia untuk Iran itu.


"Saya ingin mengenal Indonesia lebih dekat. Saya sudah bertemu dengan beberapa orang di sini untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai Indonesia" ujar Amy. Selama dua pekan dia mengunjungi beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dan Bandung.


Selama kunjungannya di Indonesia, Amy akan meneliti lebih jauh mengenai peranan wanita dan perubahan sosial di kalangan masyarakat Indonesia. Dia akan memfilmkan semua cerita menarik yang ditemukannya selama berada di Indonesia.


Sementara itu, Renne mengungkapkan bahwa perjalanannya selama dua minggu kemarin ke Australia ingin mengetahui lebih jauh hubungan
people to people
kedua negara dan peranan media sosial dalam mempererat hubungan tersebut.


Selama di Australia, dia berkunjung ke lima kota yaitu Perth, Melbourne, Brisbane, Sydney dan Canberra. Dia pun bertemu dengan beragam orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari dokter, guru, siswa sekolah dasar, supir taksi hingga juri untuk program Junior Master Chef. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya