Dikudeta, Presiden Afrika Tengah Lari ke Kamerun

Mobil kepresidenan Afrika Tengah terparkir di istana
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Francois Bozize, Presiden Afrika Tengah yang dikudeta pada Minggu lalu, sekarang berada di Kamerun. Bozize melarikan diri dari negerinya setelah pemberontak Seleka menguasai ibu kota Bangui dan menyerbu istana kepresidenan.

"Kami menginformasikan kepada publik dan komunitas internasional bahwa presiden Afrika Tengah yang dilengserkan, Francois Bozize, kini berada di Kamerun, sambil mencari kemungkinan mencari suaka ke negara lain," kata Sekretaris Jenderal di Kantor Presiden Kamerun, Ferdinand Ngoh Ngoh.

Sementara itu, Uni Afrika membekukan keanggotaan Afrika Tengah dan menerapkan larangan bepergian serta membekukan aset para pemimpin pemberontak. Uni Afrika dan Perserikatan Bangsa-bangsa mengutuk kudeta ini.

"Dewan Perdamaian dan Keamanan telah memutuskan membekukan segera Republik Afrika Tengah dari aktivitas Serikat Afrika," kata Komisioner Dewan Perdamaian dan Keamanan Uni Afrika, Ramtane Lamamra, di Addis Ababa, di mana organisasi ini berkantor.

Amerika Serikat, Prancis, dan Chad telah meminta pemimpin Seleka, Michel Djotodia, menghormati perjanjian pembagian kekuasaan yang diteken Januari lalu di ibukota Gabon, Libreville. Perjanjian ini menghasilkan pembagian kekuasaan antara pemberontak, oposisi sipil dan Bozize.

Namun Seleka yang bermakna "Aliansi" belakangan mematahkan perjanjian itu, dengan alasan Bozize tidak mengintegrasikan pasukan pemberontak ke tubuh militer yang resmi. Dan pada hari Minggu, Ibukota pun jatuh di tangan aliansi bersenjata yang terdiri dari lima kelompok itu.

Djotodia sendiri berjanji akan menjabat sementara sampai Pemilu digelar dalam waktu tiga tahun. Pemerintahan sementara ini juga melakukan pembagian kekuasaan. (kd)

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024