DUNIA

Inilah Rumah Orang Terkaya di Dunia

Pendiri Microsoft itu menikmati kekayaannya di rumah superbesar di tepi Danau Washington
Kamis, 12 Maret 2009
Oleh : Renne R.A Kawilarang, Shinta Eka Puspasari
Tampilan rumah Bill Gates dari Danau Washington

VIVAnews - Pendiri perusahaan piranti lunak Microsoft Corp. Bill Gates kembali menjadi orang terkaya dunia 2009 versi Majalah Forbes. Meski merugi US$ 18 miliar tahun lalu, Gates masih memiliki kekayaan bersih senilai US$ 40 miliar.

Gates menikmati kekayaannya di rumah superbesar di tepi Danau Washington di daerah eksklusif Medina, di negara bagian Washington. Laman billgatesmicrosoft.com mengungkapkan bahwa rumah Gates terletak di lahan seluas 6.131 meter persegi dan memiliki tujuh kamar tidur, 24 kamar mandi, enam dapur, dan enam perapian.

Laman ini menampilkan beberapa foto yang disebut sebagai rumah Gates. Entah apakah ini merupakan laman resmi Gates, yang jelas sampai kini belum ada pernyataan resmi dari Microsoft atas kebenaran data yang tersedia di situs internet itu.

Gates memilih gaya rumah kayu berdinding batu klasik a la Pasifik untuk rumah yang dilengkapi sistem elektronik modern ini. Karya seni rupa modern menghiasi dinding-dinding rumah yang diperkirakan bernilai lebih dari US$ 153 juta ini.

Dia memiliki sebuah perpustakaan pribadi dengan ruang baca berkubah. Gates memiliki buku catatan Leonardo da Vinci dari abad 16 di antara koleksi bukunya. Ia membelinya dengan harga US$ 30,8 juta.

Teknologi pengawas tekanan ditanamkan di lantai rumah. Anggota keluarga atau petugas keamanan bisa mengenali siapa yang sedang berada dalam rumah dengan mengecek berat langkah kaki.

Lampu-lampu akan menyala secara otomatis ketika keluarga memasuki ruangan. Lampu juga diset agar cahayanya bisa menyesuaikan diri dengan kondisi di luar rumah.  Pengeras suara ditanam di bawah kertas dinding sehingga alunan musik akan mengikuti dari satu kamar ke kamar lain.

Gates memiliki kolam renang seluas 5,1 x 18,2 meter. Kolam ini dilengkapi sistem musik bawah air. Ruang loker kolam renang dilengkapi empat shower bersama dan dua kamar mandi. Pria berusia 52 tahun ini juga memiliki sauna dan sebuah ruang trampolin dengan langit-langit setinggi enam meter.

Jika bosan, Gates dan keluarganya dapat menonton film di bioskop pribadi berkapasitas 20 kursi seluas 457 meter. Ia juga memiliki sebuah mesin pembuat berondong jagung.

Dalam garasi yang dapat menampung empat mobil, terparkir sebuah Porsche 911 Convertible tahun 1999 dan Porsche 959 Coupe tahun 1988.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found