AS Kirim Pesawat Siluman ke Semenanjung Korea

Pesawat Siluman B-2 milik Angkatan Udara AS
Sumber :
  • Doc. United States Air Force
VIVAnews -
Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari
Pentagon mengirimkan pesawat siluman pengebom B-2 ke wilayah Semenanjung Korea. Diturunkannya pesawat peluncur rudal nuklir ini menyusul ancaman serangan dari Korea Utara terkait sanksi terbaru dari PBB.

Intip Peluang Timnas Indonesia U-23 Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Diberitakan
Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga
New York Times , pesawat itu tiba di wilayah udara Korsel pada Kamis, 28 Maret 2013. B-2 diterbangkan non-stop dari Pangkalan Udara Whiteman di Missouri, Amerika Serikat, yang berjarak lebih dari 10.000 kilometer.


Dalam pernyataannya, komando militer Amerika di Seoul mengatakan, dikirimkannya pesawat tersebut dari jauh menunjukkan dukungan tanpa putus AS pada sekutunya di wilayah Asia Pasifik. Selain itu, pesawat itu dikatakan mampu, "melakukan serangan jarak jauh dan tepat sasaran dengan cepat."


Pesawat jenis ini memiliki teknologi untuk menyerap sinyal radar sehingga tidak terdeteksi musuh. Selain itu, B-2 adalah salah satu pesawat andalan AS yang mampu membawa rudal konvensional maupun nuklir.


Ini adalah kali pertama militer AS mengumumkan pada publik pengiriman kapal siluman ke Korsel. AS mengatakan bahwa pesawat siluman mereka akan bergabung dalam latihan perang gabungan kedua negara. Sebelumnya, Korut berulangkali mengecam dan melancarkan ancaman menolak latihan tersebut. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya