Gedung Runtuh, Puluhan Orang Terkubur Hidup-hidup

Gedung roboh di India
Sumber :

VIVAnews -- Sebuah gedung tujuh lantai runtuh, Kamis 4 April 2013 malam waktu setempat di Maharashtra, India. Peristiwa ini mengakibatkan puluhan orang tewas dan melukai 69 orang lainnya.

Kepolisian Mumbai mengaku belum tahu penyebab runtuhnya gedung itu. Tapi, Inspektur Digamber Jangale menduga penggunaan bahan bangunan yang tidak sesuai standar menjadi pemicu gedung runtuh.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Seorang saksi bernama Ramlal, mengatakan gedung itu sudah terlihat miring dan menunjukkan tanda-tanda akan runtuh. "Gedung itu runtuh dalam waktu yang sangat cepat. Mungkin antara tiga hingga empat detik," ujar Ramlal.

Dilansir kantor berita BBC, Jumat 5 April 2013, jumlah korban yang dinyatakan tewas masih simpang siur. Ada yang menyebut korban tewas berjumlah 31 orang, namun ada juga yang menyatakan 35 orang.

Di antara korban tewas itu, diduga terdapat 11 anak-anak. Kebanyakan dari korban merupakan pekerja konstruksi yang tinggal di dalam gedung. Menurut Jangale, ketika peristiwa runtuhnya gedung itu terjadi empat dari tujuh lantai sudah berhasil diselesaikan dan disi. Tiga lantai di atasnya pun baru saja diselesaikan.

"Namun pihak kontraktor berubah pikiran dan membangun satu lantai lagi," ungkap Jangale seperti dikutip BBC.

Hingga berita ini diturunkan, kepolisian setempat bekerja sama dengan tim penyelamat masih terus mengevakuasi dan mencari korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan gedung.

Kejadian ini menambah panjang deret peristiwa gedung runtuh di Maharashtra. Dua peristiwa serupa terjadi di bulan Desember dan September 2012.

Pada bulan Desember, sedikitnya 13 orang tewas ketika sebagian dari bangunan sebuah gedung runtuh di Wagholi, daerah Maharashtra. Sementara gedung lainnya juga runtuh di bulan September dan mengubur hidup-hidup enam orang.

Menurut laporan yang diterima BBC, menjamurnya gedung bertingkat di kota Mumbai dipicu oleh jumlah penduduk yang meningkat pesat, namun tidak diakomodir dengan jumlah lahan yang cukup. Alhasil proyek pembangunan gedung tinggi pun menjamur di Mumbai, tapi tidak disertai dengan pengurusan izin yang sesuai dan kurangnya antisipasi terhadap kecelakaan kerja. (eh)

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024