DUNIA

Korsel: Korut Mulai Bergerak, Diduga Akan Uji Nuklir

Gelagat Korut persis ketika hendak melakukan uji coba nuklir ke tiga.

ddd
Senin, 8 April 2013, 10:05
entara Korea Utara berjaga di depan roket Unha-3
entara Korea Utara berjaga di depan roket Unha-3 (REUTERS/Bobby Yip)
VIVAnews - Pemerintah Korea Selatan mulai melihat pergerakan mencurigakan dari pasukan Korea Utara dan perangkat-perangkat militer mereka. Korsel menduga, Korut hendak melakukan uji nuklir mereka yang keempat.

Hal ini disampaikan oleh pejabat pemerintahan Korsel pada koran JoongAng yang dikutip Reuters, Minggu 7 April 2013. Dia mengatakan, pemerintah Korsel terus mewaspadai setiap gerak-gerik Korut setelah negara itu kembali mencanangkan perang.

"Ada pergerakan pasukan dan kendaraan di terowongan selatan wilayah Punggyeri. Kami terus mengawasinya karena pergerakannya persis dengan saat mereka melakukan uji nuklir ke tiga," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

Sebelumnya, Korut melayangkan beberapa kali ancaman serangan terhadap Korsel dan Amerika Serikat. Pemerintahan Kim Jong-un mengatakan bahwa bom nuklir adalah andalan mereka dan tidak akan dihentikan pengembangannya. Kim juga memerintahkan dinyalakannya kembali reaktor nuklir yang sempat tidak aktif.

Pada 12 Februari lalu, Korut melakukan uji nuklir yang menyebabkan gempa bumi 5,2 skala richter hingga ke negara tetangga. Menurut perhitungan Korsel, dengan gempa sedemikian kuat, diduga Korut tengah meledakkan bom nuklir berbobot 6-7 kiloton.

Akibat uji nuklir ini, PBB menjatuhkan sanksi lebih keras terhadap perekonomian Korut. Sanksi membuat Korut murka dan mengancam perang. Korsel dibantu dengan AS terus menyiagakan sistem pertahanan rudal mereka di berbagai wilayah vital.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
safiyah
08/04/2013
bocah ABG yg edan,gak waras tuh si jong un....
Balas   • Laporkan
b.label80
08/04/2013
Indonesia masih tetap memakai tenaga AIR...bahkan di paksa berhemat BBM...sementara ada sumber energi yang berlimpah NUKLIR...
Balas   • Laporkan
ngisingo | 08/04/2013 | Laporkan
sekalian aja kalo ada sepeda motor tenaga nuklirr!!
romychan
08/04/2013
kenapa hanya negara2 yg besar saja yg boleh uji coba peluru nuklir, sedangkan iran & korut tdk boleh? apa kata dunia nanti ?
Balas   • Laporkan
adesaja
08/04/2013
biasalah bangsa PKI kafir, firaun otak kebo emang negara punya bapak emak lu
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id