Thatcher Tak Mau Dimakamkan Seperti Winston Churcill

Margaret Thatcher
Sumber :
  • Margaret Thatcher Foundation
VIVAnews -
Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa
Mendiang mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher akan dimakamkan secara militer pekan depan. Namun sebelum meninggal, dia pernah berwasiat untuk tidak menggelar pemakamannya dengan mewah seperti upacara pemakaman Winston Churcill.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Pemakaman Thatcher tidak akan dilakukan secara kenegaraan, melainkan militer, seperti pemakaman Lady Diana dan ibu Ratu Elizabeth. Namun Thatcher pernah mengingatkan pegawainya untuk tidak menyertakan atraksi pesawat terbang, seperti halnya pemakaman Churcill pada 1965.
Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic


"Dia tidak menginginkan pemakaman mewah seperti yang digelar ketika Winston Churcill wafat kemarin, karena itu dianggap sebuah pemborosan," kata Lord Bell, juru bicara Thatcher seperti dilansir laman
Dailymail
, Senin 8 April 2013.


Bell juga mengatakan bahwa Thatcher tidak ingin dimakamkan secara kenegaraan yang menurutnya tidak pantas untuk dirinya. "Dia mengatakan hal tersebut kepada saya secara langsung dan kami akan melakukan sesuai dengan keinginannya yang terakhir," kata Bell.


Selain itu keluarga Thatcher juga meminta rakyat Inggris untuk memberikan penghormatan kepada perdana menteri yang dijuluki "wanita besi" itu dalam bentuk donasi bagi Rumah Sakit Kerajaan di Chelsea, ketimbang memberikan bunga.


Prosesi Pemakaman


Menurut kantor perdana menteri Inggris di Downing Street, prosesi pemakaman akan digelar minggu depan, walau belum diperoleh tanggal pasti.


Mereka mengatakan sehari jelang pemakaman, mobil jenazah yang membawa peti mati mendiang Thatcher akan melintasi jalan-jalan di kota London dari Kapel St. Mary Undercoft di Istana Westminster menunju kapel Royal Air Force (RAF) yang terletak di Gereja St Clement Danes.


"Ketika berada di gereja, peti mati kemudian akan dibawa menggunakan kereta kuda oleh artileri pasukan kerajaan menunju Gereja Katedral St. Paul," ujar kantor PM Inggris.


Kantor PM juga menyebut akan diadakan misa penghormatan di Gereja St. Paul yang akan dihadiri oleh berbagai tamu yang diketahui memiliki hubungan dengan Thatcher. "Semua persiapan akan dilakukan sesuai dengan keinginan keluarga Lady Thatcher sendiri," imbuh kantor PM.


Sementara untuk tanggal pemakaman, baru akan dapat dipublikasikan setelah mendapat persetujuan dari Ratu Inggris, Elizabeth II.


Rute perjalanan yang ditempuh oleh kereta kuda itu akan dijaga oleh personel dari tentara angkatan udara, laut dan darat Kerajaan Inggris, hingga di Gereja St. Paul.


Demi kelancaran prosesi pemakaman, pihak kepolisian Inggris akan mengosongkan seluruh jalanan di kota London yang dilewati iring-iringan jenazah. Upacara pemakaman rencananya juga akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi di Inggris. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya