50.000 Ton Daging Sapi Ditarik dari Pasar Belanda

Pedagang daging sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Departemen pengawasan makanan Belanda menarik sebanyak 50.000 ton daging sapi dari pasaran. Langkah ini dilakukan menyusul ditemukannya kandungan daging kuda dalam olahan sapi.

Diberitakan Reuters, Rabu 10 April 2013, Departemen Pengawasan Produk Konsumen Belanda (NVWA) dalam pernyataannya juga memerintahkan 130 perusahaan pengolah daging melacak kandungan daging kuda pada produk dari dua perusahaan penyalur.

Dua perusahaan penyalur daging tersebut adalah  yaitu Wiljo Import en Export B.V. dan Vleesgroothandel Willy Selten B.V. Kedua perusahaan ini diduga mencampur daging sapi dengan kuda.

"Kemungkinan ada kandungan daging kuda, tapi saat ini kami belum terlalu yakin," tulis pernyataan NVWA.

Pemerintah Belanda juga masih menelusuri hasil akhir olahan daging sapi dan kuda tersebut. Diduga, produk daging ini diolah menjadi daging beku.

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

"Pembelinya kemungkinan sudah memprosesnya dan menjualnya. Mereka berkewajiban untuk memberitahu para pelanggan," lanjut pernyataan itu lagi.

Sebanyak 370 perusahaan di seluruh Eropa telah membeli daging dari dua perusahaan Belanda tersebut. Pemerintah Belanda telah melayangkan surat peringatan mengenai hal ini.

Walaupun tidak berdampak membahayakan bagi kesehatan manusia, namun memakan daging kuda dianggap tabu oleh sebagian masyarakat Eropa.

Kasus tercampurnya daging kuda dan sapi menghebohkan Eropa dari Januari lalu, dimulai dari Irlandia. Rantai pemasaran dan pengolahan daging di Eropa saling terhubung dan kompleks menyebabkan semakin tersebarnya olahan daging kuda-sapi dan semakin sulit dilacak sumbernya. (umi)

Polisi datangi lokasi kecelakaan di Jalan Raya Citayam

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Kecelakaan adu banteng, antara mobil pick up dengan dua sepeda motor, pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024, menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan di Jalan Raya Citayam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024